Wagubsu Musa Rajekshah akan Resmikan Masjid Ar Rahman Maha Bunga

Dairi229 Dilihat

DAIRI, SINKAP.info – Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah akan meresmikan secara langsung Mesjid Ar Rahman Maha Bunga Desa Gunung Meriah, Siempat Nempu Hulu Dairi, Selasa (21/3).

Ketua Panitia Pembangunan Mesjid Ar Rahman Maha Bunga, Syahril Maha Sabtu (18/3) mengatakan, Wagubsu sudah mengkonfirmasi kehadirannya ke mesjid kebanggan masyarakat Maha Bunga itu. Umat Islam Maha Bunga ucap Syahril menaruh harapan besar agar Wagubsu berkenan hadir dan memberikan semangat bagi Umat Islam di Maha Bunga.

Syahril menjelaskan, cikal bakal pembangunan mesjid bermula dari ide pengurus jemaah untuk melakukan pemugaran, sebab mesjid sebelumnya yang telah berdiri sejak tahun 1980an kondisinya tidak lagi mampu menampung jemaah yang jumlahnya semakin banyak. Selain itu, mesjid lama juga belum pernah dipugar kecuali bagian kubah, sehingga kurang nyaman untuk ibadah, apalagi saat shalat Jumat dan hari raya besar.

Dengan modal seadanya hasil patungan dari masyarakat ditambah doa dan semangat jihad, tepat pada Minggu 20 Agustus 2017, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Ar Rahman yang baru. Padahal, taksasi dana pembangunan hingga selesai sekitar satu miliar rupiah, sedangkan, dana awal hanya Rp 35 juta rupiah.

Asisten I, Ramland Sitohang, mewakili Bupati Dairi saat peletakan batu pertama mengapresiasi semangat dari Umat Islam Dusun Maha Bunga. Ramland waktu itu memberi signal akan memasukkan biaya pembangunan mesjid ke mata anggaran di APBD Dairi bila disetujui DPRD.

Syahril didampingi Sekretaris Fahrizal Maha dan Bendahara Zulfadli Kudadiri menjelaskan progres pembangunan hingga Maret 2023 mencapai 85 persen. Sumber dana pembangunan berasal iuran wajib masyarakat dan bantuan lainnya yang tidak mengikat. Meski masih belum rampung 100 persen, namun masyarakat berharap segera diresmikan berhubung sebentar lagi memasuki puasa Ramadhan.

“Tinggal sedikit lagi hampir rampung, tapi jemaah kita ingin Ramadhan tahun ini beribadah di mesjid yang baru, agar lebih khusuk dan nyaman,” terang Syahril.

Syahril berharap, dengan kehadiran Wagubsu yang akan meresmikan nantinya, dapat membawa semangat baru bagi masyarakat untuk lebih taat beribadah. Sebab, wagubsu juga termasuk insan yang taat dan dalam bertugas selalu didampingi tuan guru dan para ustadz yang memberikan nasihat.

Meski segera diresmikan tambah Syahril, panitia tidak akan menutup pintu bagi siapa saja yang ingin menginfakkan sebagian hartanya untuk merampungkan pembangunan mesjid hingga tuntas. Bagi yang ingin berdonasi, dapat mentransfer ke Rekening BRI No 0194-01-003610-53-4 atas nama Mesjid Ar Rahman. Atau dapat menghubungi nomor 081376174346, 082368394543, dan 085373046112.

Di akhir, Syahril mengundang seluruh umat Islam khususnya se Kabupaten Dairi agar menghadiri peresmian Mesjid Ar Rahman Maha Bunga. Syahril juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan donatur yang telah menyisihkan hartanya sampai akhirnya mesjid berdiri megah.

“Terimakasih yang tak terhingga kami haturkan, semoga Allah membalas kebaikan saudara-saudara kami para donatur,” tutup Syahril.

SINKAP.info | Laporan: Ais