PKK Desa Pasi Manfaatkan Lahan Pekarangan Jadi Lahan Produktif

Dairi97 Dilihat

DAIRI, SINKAP.info – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Pasi Kabupaten Dairi memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif untuk menaman sayuran dan tanaman obat keluarga (toga).

Desa Pasi dipilih menjadi desa Hatinya PKK untuk tahun 2023. Hatinya PKK merupakan program unggulan PKK yang artinya Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu melalui Sekretaris PKK Kabupaten Dairi Meri Debora Saragih mengatakan pemanfaatan lahan pekarangan dapat menunjang ketahanan pangan keluarga. Tidak hanya sayur-sayuran namun juga bisa ditanami toga.

Melalui kegiatan itu diharapkan dapat mengubah karakter setiap masyarakat menjadi siap sedia dalam setiap situasi dan waktu.

“Kita manfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayuran dan toga. Kapan pun kita butuh sayur, cabai, atau tanaman lain, kita tidak perlu lagi beli ke warung atau ke ladang. Karena semua sudah tersedia di pekarangan rumah. Jadi kita mengubah karakter menjadi siap sedia di segala waktu dan situasi,” kata Meri pada saat pertemuan PKK di Kantor Kepala Desa Pasi, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi, Rabu (8/3).

Sementara itu, Ketua PKK Desa Pasi Elprida Boang Manalu mengatakan PKK Kabupaten Dairi senantiasa melakukan pembinaan kepada ibu-ibu di Desa Pasi.

“Tadi kami diberikan arahan kepada ibu-ibu PKK bagaimana caranya untuk memanfaatkan halaman supaya dapat bermanfaat untuk keluarga dengan cara menanam sayuran dan tanaman obat keluarga. Dengan program ini, Semoga Desa Pasi bisa semakin indah, bagus dan maju” kata Elprida.

Diharapkan, melalui kegiatan ini kebutuhan pangan serta gizi keluarga dan masyarakat dapat terpenuhi melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan.

SINKAP.info | Laporan: Ais