Beranda RIAU Dumai

Meski Dumai Sudah Siap, Pelayaran Perdana PPLN Tetap Tunggu Sinyal Malaysia

148

DUMAI, SINKAP.info  – Kota Dumai menyatakan kesiapannya sebagai entry point keluar masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Namun jadwal pelayaran perdana mulai 11 Januari dipastikan bergeser beberapa hari karena masih menunggu persetujuan dari Malaysia.

“Kita tinggal menunggu dari malaysia. Karena ada memang syarat dari Malaysia yang harus kita penuhi,” kata Wali Kota Dumai H Paisal, kepada dumaiposnews.com, Jumat (08/04) pagi.

Paisal mengemukakan itu usai meninjau finalisasi persiapan pengoperasian kembali terminal penumpang pelabuhan internasional Dumai, di pelabuhan penumpang pelindo‎.

Turut mendampingi wali kota, Dandim 0320 Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan, Sekretaris Daerah Indra Gunawan, Kadis Perhubungan Zulkarnaen, Kadis Kesehatan Syaiful, GM Pelindo Jonatan Ginting, Kapolsek KSKP, Imigrasi, KSOP, Bea Cukai, KKP dan dari Lanal Dumai.

Usai mematau kesiapan pelabuhan, Paisal mengatakan bahwa Pemko Dumai langsung mengirim surat tentang pencabutan penutupan pelabuhan dumai.

” Hari ini kirim. Dua atau tiga hari mereka bahas. Kalau Malaysia oke kita langsung jalan. Kita pastikan pekan depan sudah bisa jalan lah,” kata Paisal.

Tentang kesiapan pelabuhan, Paisal menilai sudah siap dioperasikan. Dan secara khusus ia juga telah meminta Pelindo Dumai untuk memperbaiki atau mengganti fasilitas yang kurang baikm

“Untuk urusan di dermaga dan terminal penumpang kita anggap sudah clear semuanya. Kemaren ada masalah dengan pendangkalan di dermaga, tapi tadi kita lìhat sudah clear. Masalah fasilitas di dermaga juga demikian tinggal bagaimana pelindo mempercantik saja lagi,” lanjut Paisal.

Menanggapi permintaan wali kota, GM Pelindo Dumai Jonathan Ginting mengatakan pihaknya langsung melakukan pengecekan satu persatu bagian mana yang dirasa masih kurang dan langsung dilakukan perbaikan.

“Tentu semuanya ada proses. Kami inventarisir mana yang bisa kami langsung aksi kami aksi. Seperti pemasangan lampu, penggantian gordyn dan karpet dan perbaikan talang yang bocor. Intinya kita berupaya terminal ini senyaman mungkin,” kata Ginting.

Terkait dermaga yang terjadi pendangkalan karena sudah lama tidak digunakan, ia mengatakan bahwa Pelindo sudah melakukan pengerukan. Sedangkan kondisi ponton masih baik dan layak untuk digunakan. (amb)

SINKAP. info | Redaksi

Facebook Comments