LPTQ Bengkalis Gelar MHQ Antar SLTA Sederajat dan Uji Hafalan Hafidz Hafidzah

Bengkalis62 Dilihat

BENGKALIS, SINKAP.info  – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bengkalis menggelar Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Antar SLTA Sederajat Golongan 5 Juz se-kabupaten Bengkalis Rayon I.

Rayon I terdiri dari Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan, Kecamatan Bukti Batu, Kecamatan Siak Kecil dan Kecamatan Bandar Laksamana.

MHQ yang dilaksanakan di Masjid Agung Istiqomah ini dibuka langsung oleh Sekda H Bustami HY yang juga Ketua Umum LPTQ Bengkalis, Minggu, 24/04.

Selain MHQ, LPTQ juga melakukan Uji Hafalan Hafidzh Hafidzah 30 juz yang akan menerima penghargaan dari Pemkab Bengkakis.

Hadir dalam pembukaan Uji Hafalan dan MHQ Rayon I ini, Ketua Harian LPTQ Andris Wasono, Kakan Kemenag H. Khaidir.

Sekda H. Bustami HY mengungkapkan, MHQ dilaksanakan dalam rangka menyelaraskan program kerja LPTQ dgn program Pemkab Bengkalis untuk mencari kader-kader yang akan mengikuti program beasiswa hafidz 30 juz dari Pemkab Bengkalis ke perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

Peserta MHQ Rayon I ini sebanyak 18 peserta, sedangkan hafidz hafidzah yang akan diuji hafalannya sebanyak 37 orang.

“Kegiatan ini diharapkan akan memberikan motivasi kepada anak-anak agar gemar menghafal Al Qur’an secara baik dan benar, sehingga para Hafidz dan Hafidzah diharapkan mampu menjaga kemurnian Al Qur’an dari upaya merubah dan merusak keaslian Al Qur’an,” ucapnya.

Disisi lain Sekda mengungkapkan, MTQ ke-40 Tingkat Provinsi Riau, akan dilaksanakan di Kota Bagan siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir, MHQ yang dilaksanakan hari ini sangat bernila positif dalam menyongsong MTQ provinsi.

Untuk itu kepada calon perwakilan Kontingen Kabupaten Bengkalis diminta untuk mempersiapkan diri dan rutin berlatih, karena Pemkab Bengkalis telah berazam bahwa yang mewakili Bengkalis nantinya adalah anak watan Bengkalis.

SINKAP.info | Redaksi