Beranda GLOBAL

Yayasan VinFuture Umumkan Seri Webinar untuk Nominator Ilmuwan Terkemuka

643

VIETNAM, SINKAP.info – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk musim Hadiah VinFuture kedua, VinFuture Foundation secara resmi meluncurkan serangkaian webinar di enam zona waktu berbeda di seluruh dunia. Rangkaian acara ini bertujuan untuk memberikan informasi langsung kepada para ilmuwan di seluruh dunia dan menarik nominasi paling menonjol untuk mempromosikan rekonstruksi pasca-COVID-19 dan pembangunan berkelanjutan.

Seri webinar akan berlangsung melalui Zoom dari 23 Maret hingga 19 April 2022 dan akan disesuaikan untuk wilayah geografis dan zona waktu yang berbeda, termasuk: Pantai Timur dan Barat AS, Eropa, Afrika, Asia, dan Oseania. Webinar akan dipimpin oleh anggota Dewan Hadiah VinFuture dan Komite Pra-penyaringan dan akan menampilkan pemenang hadiah dari musim pertama.

Musim Hadiah VinFuture kedua, bertema “Membentuk Kembali dan Menghidupkan Kembali”, difokuskan pada penemuan dan inisiatif ilmiah yang mempercepat rekonstruksi dunia dan pembangunan berkelanjutan setelah pandemi COVID-19. Sejak peluncuran resminya pada 16 Februari 2022, musim kedua telah menerima dukungan besar dari komunitas ilmiah global, dengan lebih dari 1.000 organisasi dan individu dari 81 negara berpartisipasi sebagai nominator untuk hadiah tersebut. Hingga saat ini, komunitas ilmiah di Asia telah memberikan kontribusi jumlah nominator tertinggi dengan 34% dari total pangsa, diikuti oleh Amerika dengan 33%, Eropa dengan 22%, Australia dengan 6%, dan Afrika dengan 5%.

Seri webinar bertujuan untuk memberikan informasi terbaru secara langsung kepada para ilmuwan di seluruh dunia dan mempromosikan keragaman dan keluasan di semua bidang potensial. Melalui seri ini, VinFuture akan menjawab pertanyaan dan kekhawatiran tentang proses nominasi serta berbagi perspektif praktis dan inspirasional dari anggota Komite Pra-pemutaran, Dewan Hadiah, dan terutama pemenang musim pertama.

VinFuture Prize adalah penghargaan internasional tahunan untuk terobosan penemuan ilmiah dan teknologi yang telah menciptakan, atau berpotensi menciptakan perubahan yang berarti dalam kehidupan masyarakat. Meskipun merupakan penghargaan baru, dengan misi melayani kemanusiaan dan proses seleksi dengan integritas dan transparansi yang tinggi, VinFuture telah membangun reputasi yang kuat di komunitas ilmiah global.

Musim pertama, VinFuture menerima hampir 1.200 pengajuan nominasi dari enam benua di seluruh dunia hanya empat bulan setelah secara resmi meluncurkan portal nominasi. Nominator VinFuture termasuk lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas Harvard, Universitas Cambridge, Universitas Oxford, dan Universitas Tokyo, dan organisasi bergengsi seperti Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat, The Max Planck Society of Germany, Chinese Academy of Sciences, dan banyak lagi.

Para pemenang musim Hadiah VinFuture pertama adalah ilmuwan yang benar-benar luar biasa yang telah dihormati di seluruh dunia atas pencapaian ilmiah mereka untuk kemanusiaan. Grand Prize senilai US$3 juta diberikan kepada tiga ilmuwan terkemuka: Dr. Katalin Karikó, Prof. Drew Weissman (AS) dan Prof. Pieter Cullis (Kanada) untuk pengembangan teknologi mRNA yang membuka jalan bagi produksi vaksin yang efektif untuk membantu mencegah wabah COVID-19, serta vaksin potensial untuk HIV, kanker, autoimun, dan penyakit genetik.

SINKAP.info | Editor: Rudi

Facebook Comments