Kapolres Simalungun Berangkatkan 19 Siswa Diktuba Polri AK-44 ke SPN Hinai Polda Sumut

Simalungun25 Dilihat

SIMALUNGUN, Sinkap.info – Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, SIK mengirimkan 19 siswa Diktuba Polri AK-44 ke SPN Hinai Polda Sumut di Lapangan Apel Aspol Polres Simalungun, Jalan Sangnawaluh, dengan dilanjutkan Pengumuman Hasil Pemeriksaan Administrasi (RIKMIN) Tahap Awal Polres Simalungun dalam rangka Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri TA. 2021, Sabtu (17/4).

Dalam arahan dan bimbingannya kepada Siswa Diktuba Ak-44 yang diberangkatkan, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK mengatakan menjadi seorang anggota Polri harus memiliki semangat yang kuat untuk mengabdi kepada Negara, selalu berfikir positif melaksanakan serta mengikuti pendidikan di SPN nantinya, karena kalian akan ditempah serta di didik untuk menjadi seorang Polisi yang tetap membela dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sehingga menjadi Polisi yang Prediktif berbasis penguatan Teknologi. Polri yang berpengetahuan Police 4.0 seperti Program Prioritas Bapak Kapolri Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dengan penekanan Commander Wish Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol R.Z Panca Putra. S.

“Saya harapkan pengiriman dari Simalungun harus selalu menjaga kekompakan. Untuk itu lihat siap yang ada samping kanan kirinya, harus saling mengenal, karena apapun yang terjadi di pendidikan kalian-kalian inilah yang menjadi keluarga, maka kalian harus saling mendukung dan mengingatkan manakala ada salah satu diantara kalian mengalami sakit baik mental ataupun fisik segera ambil tindalan untuk melaporkan,”ujar Kapolres.

Tidak itu saja, Kapolres berharap siswa Diktuba Polri AK-44 pengiriman dari Polres Simalungun masuk 20 wajib keluar menjadi anggota Polri juga 20. “Ingat jaga kekompakan, jangan pernah ada pelanggaran, hindari perkelahian, apalagi perbuatan kriminal seperti mencuri, sehingga tidak ada masalah dan tetap fokus untuk belajar,” harap Kapolres.

Kabag Sumda Polres Kompol Joner Purba menjelaskan bahwa sebelumnya Polres Simalungun menerima Siswa DIKTUBA POLRI AK-44 sebanyak 20 orang. Dimana 19 orang ke SPN Hinai Polda Sumut dan 1 orang ke Polda Aceh. Ke 19 siswa itu sudah melaksanakan Swab Antigen dengan hasil Negatif, dan siap untuk diberangkatkan ke SPN Hinai Polda Sumut untuk kembali mengikuti kegiatan pendidikan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia, ucap Kompol Purba.

Masih Penjelasan Kabag Sumda Polres Simalungun, bahwa dari hasil Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A 2021 yang dilaksanakan Polres Simalungun yang berhasil dan layak untuk melanjutkan ketahap berikutnya dengan rincian Bintara Petugas umum yang memenuhi syarat sebanyak 262 pendaftar, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 26 pendaftar, Bintara Kompeten khusus TI yang memenuhi syarat sebanyak 3 pendaftar, yang tidak memenuhi syarat nihil, Bintara Kompeten khusus Bidan yang memenuhi syarat sebanyak 1 pendaftar, yang tidak memenuhi syarat nihil, Tamtama BRIMOB yang memenuhi syarat sebanyak 11 pendaftar, yang tidak memenuhi syarat 2 pendaftar, ucap Kompol Purba.

Dalam arahan serta bimbingan Kapolres Simalungun Akbp Agus Waluyo, S.I.K., menyampaikan kepada para peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A.2021, bahwa dari jumlah keseluruhan adik-adik yang hadir ditempat ini ada yang diterima dan ada yang harus mengulang kembali ditahun berikutnya, namun adik-adik yang belum lulus jangan pernah putus asa, tetap semangat untuk tetap berlatih, dan isi waktu-waktu kosong untuk mempersiapkan diri agar kesempatan berikutnya dapat lebih fokus dan memiliki kualitas lebih baik dari yang sebelumnya.

“Saya menjadi seorang kapolres juga bukan suatu hal yang mudah, butuh proses, sama halnya seperti adik-adik sekalian”, banyak penerimaan sudah saya coba, bahkan saya juga pernah mencoba mendaftar Bintara Polri dan tidak diterima, namun saya tetap mempersiapkan diri untuk mencoba kembali penerimaan AKPOL dan saya diterima, sampai pada saat ini saya berhasil berdiri didepan adik-adik sekalian menjadi seorang Kapolres, untuk itu tetap semangat, tetap mencoba hingga mencapai hasil yang terbaik, namun demikian bukan sembarangan mencoba, ikut-ikut teman saja, berikan kemampuan dari diri kita yang terbaik sehingga menghasilkan kualitas yang terbaik pula,” ucap Akbp Agus.

“Hari ini saya melakukan pengecekan langsung kepada adik-adik peserta Seleksi Penerimaan Terpadu Polri T.A.202 pengiriman Simalungun guna memastikan kerja personel Polres Simalungun ini benar-benar terlaksanakan berdasarkan SOP pernerimaan Polri yang sudah ditentukan, guna mendukung penekanan Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol R.Z Panca Putra. S., dalam penerimaan anggota Polri berdasarkan system BETAH, Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis dengan mempengaruhi 13 aspek komponen tentang penilaian kinerja Anggota dan PNS Polri, sehingga dapat dipertanggung jawabkan,” kata AKBP Agus Waluyo mengakhiri.

Turut hadir kegiatan itu Wakapolres Kompol Elfianto, SH, MH, Kabag Sumda Kompol Joner Purba, D Boru Purba Perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Simalungun, Hotman Sitopu Perwakilan Dukcapil Kabupaten Simalungun dan Personel SDM Polres Simalungun SDM Polri Berprestasi dan Inovatif.

SINKAP.info | Laporan: HN