Beranda RIAU Pekanbaru

Gubri dan Wagubri Dukung Penuh Gerakan Cinta Zakat Baznas Provinsi Riau

173

PEKANBARU, Sinkap.info Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau menggelar Peluncuran Gerakan Cinta Zakat di Provinsi Riau, bertempat di gedung daerah balai serindit, bertepatan dengan 10 ramadhan 1442 H.

Dalam acara peluncuran Gerakan Cinta Zakat itu, sekaligus penyerahan zakat gubernur riau dan wakil gubernur riau, serta pejabat pemerintah pimpinan BUMD dan tokoh masyarakat.

Gerakan cinta zakat ini dihadiri langsung oleh gubernur riau Drs H Syamsuar, M.Si wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Afrizal Natar Nasution. Kepala OPD dilingkungan Pemprov Riau, Kepala BUMD yang ada di Pemprov Riau, tokoh Masyarakat Pimpinan Baznas Provinsi Riau Dr. H. Saidul Amin,MA, Dr. Yahanan, M.Sy, Muhammad Erwin, SP. SE. ME, Sy dan kepala Bahagia di Baznas Riau.

Pimpinan Baznas Provinsi Riau Dr. H. Saidul Amin,MA pada sambutannya menyampaikan Gerakan cinta zakat merupakan gerakan secara nasional dari BAZNAS RI Presiden Joko Widodo meluncurkan Gerakan Cinta Zakat di Istana Negara, Jakarta. Gerakan tersebut dinilai dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah.

Selain itu penyaluran zakat juga dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi kemiskinan. “Gerakan Cinta Zakat ini sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja yang sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan, menangani musibah dan bencana, serta menuntaskan program-program SDGs.

“ya Sesuai dengan intruksi dari BAZNAS RI dan Gubernur Riau BAZNAS Provinsi Riau juga melakukan hal yang sama. Kegiatan ditahun ini dilaksanakan dimasa covid 19 dan tetap mematuhi protokol Kesehatan. Adapun tujuan dari kegiatan Adalah Menggelorakan Gerakan cinta zakat kepada masyarakat, Keteladanaan pemimpin dalam menunaikan zakat.” kata Saidul Amin, kamis (22/4).

Sedangkan rangkain kegiatan pada siang hari ini yaitu Peluncuran Gerakan cinta zakat oleh Gubernur Riau, Penyerahan zakat Gubernur Dan Wakil Gubernur serta pejabat pemerintah, pimpinan BUMD dan tokoh Masyarakat.

“kita juga menyerahkan penghargan kepada Unit Pengumpul Zakat dengan kategori OPD dengan pengumpulan ZIS terbanyak Tahun 2020 (UPZ Dinas Pendidikan Provinsi Riau). Unit Pengumpul Zakat dengan kategori OPD dengan pertumbuhan pengumpulan ZIS terbaik tahun 2020 (UPZ Sekretariat Daerah Provinsi Riau).Unit Pengumpul Zakat dengan kategori program pendayagunaan ZIS terbaik tahun 2020 (UPZ Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau) dan Penghargaan kepada UPZ sebagai mitra pendukung sitem IT dan Publikasi BAZNAS Provinsi Riau (UPZ Diskominfo Provinsi Riau),” jelasnya.

Ditempat yang sama Gubernur Riau Syamsuar ketika diwawancarai terkait peluncuran Gerakan Cinta Zakat mengapresiasi serta mendukung penuh pasalnya ini adalah gerakan yang langsung diajak oleh Presiden RI Joko Wododo bersama wapres KH Maruf Amin serta kementerian yang ada di pusat.

“Jadi gerakan cinta zakat ini merupakan gerakan nasional yang kita harapkan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat yang ada di provinsi riau yang punya kewajiban untuk membayar zakat, harapan saya membayar zakat ini tidak hanya di pusat saja atau di Provinsi saja, tapi kabupaten dan kota serta kecamatan bahkan sampai ketingkat desa,” terang Gubri.

Gubri menambahkan Sehingga dari zakat yang telah diberikan oleh orang yang wajib zakat ini dapat bermanfaat bagi para mustahik yang sangat membutuhkan dukungan bantuan dari uang zakat yang dapat di gunakan mereka terutama tak beberapa lama lagi kita akan merayakan idul fitri.

Terakhir Wagubri menambahkan, besarnya potensi zakat yang dikelola oleh lembaga-lembaga penerima zakat salah satunya melalui Baznas telah terkelola dengan cukup baik, selain itu zakat juga memiliki potensi strategis yang layak dikembangkan menjadi instrumen pemerataan pendapatan masyarakat.

Sehingga dengan demikian, adanya zakat ini diharapkan bisa mempengaruhi aktivitas ekonomi nasional, khususnya penguatan pemberdayaan ekonomi umat sekalian.

“Alhamdulillah sebagaimana tadi juga sudah disampaikan oleh Ketua Baznas di tahun 2020 yang lalu, penerimaan zakat mengalami kenaikan dan diharapkan tahun ini tentu dapat meningkat lagi,” ujarnya.

SINKAP.info | Laporan:Wan K
Facebook Comments