Beranda RIAU Tembilahan

Pemkab Inhil Jadwalkan Vaksinasi Covid-19 Khusus Lansia

133
Foto: Istimewa - Sumber foto: DetikNews

TEMBILAHAN, Sinkap.Info – Pemerintah Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) menjadwalkan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum yang sudah lanjut usia (lansia).

Warga berusia 60 tahun ke atas yang terdaftar sebagai penduduk Kabupaten Indragiri hilir bakal disuntik vaksin CoronaVac dosis pertama pada 22 Maret 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Inhil dr Afrizal Darmawan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Subowo Radiyanto menjelaskan, vaksinasi lansia itu rencananya akan dikoordinir masing-masing puskesmas, sesuai wilayah domisili para lansia.

“Vaksinasi warga lansia sudah terkonsep, InsyaAllah akan dimulai pada tanggal 22 Maret di masing-masing Puskesmas,” kata Subowo (19/3).

Penjadwalan vaksinasi ini menjadi kabar baik bagi para lansia di Inhil yang sebelumnya tidak masuk dalam sasaran vaksinasi Covid-19.

“Sebelum dilakukan vaksinasi, nanti di screening oleh petugas apakah bisa dilakukan vaksinasi atau ditunda bahkan bisa batal, dan dikatakan batal disebabkan beberapa hal salah satunya apabila tidak sesuai dengan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis dari Penyakit Dalam lndonesia (PAPDI),” ujarnya.

Saat ini, pendaftaran peserta vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia di seluruh wilayah Inhil telah dibuka. Sasaran peserta kurang lebih sebanyak 73 ribu orang.

“Puskesmas sudah memiliki daftar lansia masing-masing, tapi jika ada yang masih mau mendaftar nggak ada masalah silahkan daftar di Puskesmas terdekat, lebih banyak lebih bagus,” papar Subowo.

Karena sasaran warga lansia sebanyak puluhan ribu, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. “Ya, akan kita lakukan secara bertahap sesuai persediaan vaksin,” tukasnya.

Facebook Comments