Beranda Riau Pesisir Bengkalis Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Menuju Era New Normal

Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Menuju Era New Normal

125

BENGKALIS, Sinkap.info – Bertempat di ruang rapat Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY diwakili Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Aulia mengikuti Web Seminar (Webinar) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Menuju Era New Normal, Rabu, (08/07).

Mendampingi Aulia tampak hadir Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dr Ersan Saputra, Kadis Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Anharizal, dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Basuki Rakhmad.

Kemudian Kadis Perikanan Herliawan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Djamaluddin dan Kepala Badan Pendapatan Daerah, Supardi.

Kegiatan yang dilakukan secara virtual via zoom meeting ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Iskandar Simorangkir.

MENARIK DIBACA:  1.285 Petugas PPDP Lakukan Rapid Test di Bengkalis

Dijelaskan Iskandar Simorangkir, kegiatan ini sebagai upaya percepatan dan perluasan transaksi pembayaran non tunai atau lebih dikenal dengan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP).

Menurut mantan Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia (BI) ini, dengan penerapan ETP, masyarakat dan Pemda semakin terbiasa dengan transaksi yang minim penggunaan uang tunai atau less cash society.

Dengan begitu, kata dia, tata kelola keuangan akan semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta memudahkan pelaporan keuangan negara dan menghindari kebocoran anggaran.

Webinar dibagi menjadi dua sesi, pembicara di sesi pertama adalah Kepala DKSP BI Filianingsih Hendarta materi yang disampaikan tentang asesmen ETP dan inovasi sistem pembayaran di era new normal.

MENARIK DIBACA:  Bersedia Hidup Normal dengan Covid-19?

Pembicara kedua, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Moch Ardian N, membicarakan tentang peran pemda dalam implementasi percepatan dan perluasan ETP.

Kemudian Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto B, M dengan materi championship dan kebijakan dana insentif daerah untuk mendorong motivasi pemda dalam ETP.

Terakhir, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan. Materi yang disampaikan terkait percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.

Sedangkan sesi kedua, sharing sukses implementasi ETP dari sejumlah daerah. Salah satunya dari Kepulauan Riau (Kepri) disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, H.T.S Arif Fadillah, Bupati Bone Bolango, H Hamim Pou dan Walikota Surakarta F.X Hadi Budyatmo.(*)

SINKAP.info | Rls

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here