Pemkab Meranti Gelar Upacara Hardiknas 2024

Kepulauan Meranti1365 Dilihat

MERANTI, SINKAP.info – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati, Selatpanjang, Kamis (2/5).

Upacara yang mengusung tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar tersebut, dipimpin Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar melalui Asisten Administrasi Umum Setdakab Sudandri Jauzah.

Sudandri membacakan pidato dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Dalam pidato tersebut disampaikan,
dalam lima tahun terakhir merupakan waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan di Kemendikbudristek.

“Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” katanya.

MENARIK DIBACA:  Gebyar Yayasan Permata Kreativitas Guru dan Peserta Didik

Disebutkannya lagi, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Menurutnya bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

“Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” sebut Nadiem.

Lebih jauh dijelaskannya, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,” jelasnya.

MENARIK DIBACA:  Plt Bupati H Asmar Ikuti Serangkaian Hari Bhayangkara ke-77

Nadiem juga mengucapkan terima kasih atas perjuangan para guru dan aktivis pendidikan di Indonesia. Dia juga menitipkan Merdeka Belajar kepada para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ucapnya.

Turut hadir sejumlah pimpinan Forkopimda, para kepala OPD, kepala sekolah dan para guru, serta undangan lainnya.

SINKAP.info | Laporan: Satria K

Komentar