Program Unggulan Bupati, Disdukcapil Bengkalis Raih Penghargaan Prima Award

Bengkalis945 Dilihat

Penghargaan itu diberikan ke Kabupaten Bengkalis karena telah berperan aktif dan konsisten dalam usaha peningkatan pelayanan adminduk dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024.

Pemberian penghargaan itu langsung diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis Ismail, Selasa (27/02/2024) di Kota Batam.

Penyerahan penghargaan tersebut pada rapat Koordinasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia yang dilaksanakan sejak tanggal 27 hingga 29/02.

Penghargaan Dukcapil Prima Kategori khusus diberikan kepada Disdukcapil Provinsi DKI Jakarta (Tingkat Propinsi), Kabupaten Bengkalis (Tingkat Kabupaten) dan Kota Ambon (Tingkat Kota).

Kadis Dukcapil Kabupaten Bengkalis Ismail mengatakan penghargaan yang diberikan oleh Mendagri merupakan buah dari pelaksanaan salah satu dari delapan program unggulan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso, yakni Pelayanan Sistem Kependudukan Berbasis Online.

“Ini merupakan langkah kita bersama dalam mewujudkan program unggulan tersebut, sehingga Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera dapat terwujud,” kata Ismail.

Selanjutnya Ismail menambahkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus berusaha dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis.

“Melalui penghargaan yang diberikan Disdukcapil Kabupaten Bengkalis ini tentu akan menambah semangat dan motivasi dalam melayani masyarakat, terutama dalam bidang kependudukan,” ujar Ismail.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi atas kinerja yang telah ditunjukkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Indonesia sebagai upaya melakukan transformasi digital dan mendukung suksesnya terselenggaranya Pemilu 2024.

“Disdukcapil merupakan jantung bangsa, karena data yang dimiliki menjadi basis data, karena hampir semua persoalan dan perencanaan berada disini,” kata Menteri.

Mendagri Tito menambahkan Dukcapil merupakan satu-satunya instansi yang memiliki data kependudukan terlengkap dibanding instansi manapun se-Indonesia.

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi memaparkan rakornas yang dilaksanakan merupakan salah satu langkah untuk mendorong peran Identitas Kependudukan Digital dalam mendukung percepatan transformasi digital untuk pelayanan publik.

“Melalui tema yang diusung pada rakor ini memiliki langkah yang sangat strategis bila dikaitkan dengan digitalisasi yang diterapkan Ditjen Dukcapil sejak tahun 2019,” kata Dirjen Teguh.

SINKAP.info | Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *