Beranda RIAU Bengkalis

Polres Bengkalis Laksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia

2401

BENGKALIS, SINKAP.info  – Menjadi saksi kehormatan bagi rakyat Indonesia dalam memperingati ulang tahun kemerdekaan yang ke-78. Bertempat di Mako Polres Bengkalis, pukul 07.00 WIB, suasana haru dan semangat kebangsaan menyelimuti rangkaian upacara yang berlangsung khidmat. Kamis (17/08).

Dalam acara yang dipimpin oleh Inspektur Upacara AKBP Setyo Bimo Anggoro, S.H., S.I.K., M.H, para pejabat dan peserta upacara berbaris rapi di lapangan. Pejabat upacara lainnya termasuk Perwira Upacara AKP Try Widyanto Fauzal, S.I.K., M.Si, Komandan Upacara Ipda Dedi Santo Manullang, S.H, serta para pembawa acara, pembaca doa, dan penggerek bendera.

Prosesi dimulai dengan Komandan Upacara memasuki lapangan upacara, diikuti oleh Inspektur Upacara, Kapolres Bengkalis. Penghormatan pasukan yang mengikuti upacara menyiratkan penghargaan atas semangat kebangsaan dan pengorbanan para pahlawan.

Laporan dari Komandan Upacara menyampaikan kesiapan pasukan untuk mengikuti rangkaian peringatan kemerdekaan ini. Bendera merah putih yang melambangkan jiwa nasionalisme dan kebebasan bangsa Indonesia kemudian dikibarkan oleh Komandan Upacara.

Suasana haru semakin terasa saat seluruh peserta upacara dan hadirin mengheningkan cipta, mengenang para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Kemudian, Inspektur Upacara membacakan teks Pancasila, diikuti oleh pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, sebagai simbol kepatuhan pada nilai-nilai dasar negara.

Pengucapan Tri Brata dan Catur Prasetya oleh anggota pasukan mencerminkan kesetiaan dan tekad untuk mengemban tugas dengan profesionalisme dan kehormatan. Amanat dari Inspektur Upacara pun menjadi momen puncak, menggugah semangat kebersamaan dan keterlibatan setiap warga negara dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara mengingatkan bahwa kemerdekaan bukanlah hak istimewa semata, tetapi juga tanggung jawab untuk membangun dan menjaga nilai-nilai luhur bangsa. Semangat 45 dan semangat gotong royong diharapkan tetap menggelora dalam menghadapi tantangan dan rintangan di masa depan.

Acara ini pun mengajak untuk merefleksikan peran masing-masing individu dalam menjaga persatuan, menghormati keragaman, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia. Dengan semangat yang menggebu-gebu, peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Mako Polres Bengkalis ini menjadi momentum penting dalam mengukuhkan kebangkitan dan kesatuan bangsa Indonesia.

SINKAP.info | Laporan: Jamil