Beranda NASIONAL Pendidikan

Pembelajaran Kreatif bagi Guru Terhadap Siswa yang Mengalami Penurunan Semangat Belajar

399
Psikologi Pendidikan Dalam Obyek Kajian Dan Teori Belajar

JAWA TENGAH, SINKAP.Info – Semangat merupakan asupan yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, tanpa adanya semangat sesuatu yang mudah bahkan terasa sulit. Didunia belajar tidak hanya membutuhkan pengajar, fasilitas, materi, wawasan yang luas dan masih banyak lagi, tetapi kegiatan tersebut bisa kita lakukan ketika terbungkus oleh yang namanya “Semangat”

Apa yang membuat semangat siswa menjadi menurun?
Banyak sekali masalah yang sering dialami siswa dalam lingkungan belajar, apalagi sekarang ini pembelajaran sedang berada dimasa adaptasi pasca pandemi COVID-19. Didalam jurnal media informatika budidarma hasil penelitian membuktikan bahwa peyebab menurunnya semangat belajar adalah metode belajar yang salah, sehingga metode belajar yang salah dapat mengakibatkan proses siswa dalam belajar kurang efektif.

Pada zaman dahulu, belajar umumnya dilakukan dengan cara berkelompok atau datang ketempat-tempat les. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak siswa yang menggunakan aplikasi untuk mengoptimalkan belajar, Hasilnya bukan malah efektif, tetapi malah menjadi sulit menyerap apa yang sedang dipelajari.

Menurunnya semangat siswa diakibatkan oleh beberapa factor. Baik factor internal yaitu factor factor yang berasal dari luar diri siswa lingkungan siswa itu sendiri. Adapun factor internal yaitu, Faktor sikap, Faktor malas, Faktor waktu, Cara belajar siswa di rumah Terlalu Santai  dan menggampangkan tugas. Adapun faktor eksternal yaitu faktor yang berada diluar diri siswa atau individu (lingkungan siswa itu sendiri) antara lain: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat.

Untuk dapat mewujudkan tujuan pembelajaran, guru harus mengetahui tahapan yang harus dijalani peserta didik dalam proses pembelajaran. Tahapan yang terpenting adalah motivasi agar dalam diri siswa selalu tumbuh rasa semangat belajar sehingga mendapatkan hasil yang baik. Diantaranya:

  1. Meningkatkan kualitas guru.
  2. Menggunakan metode pemebejaran yang beragam
  3. Memaksimalkan fasilitas pembelajaran
  4. Memanfaatkan media pembelajaran seoptimal mungkin
  5. Membangun jiwa siswa agar menjadi pribadi yang aktif
  6. Melakukan pendekatan secara langsung dengan siswa
  7. Selalu bersifat terbuka dengan siswa agar seorang guru bisa mengetahui kendala siswa
  8. Membuat kompetisi yang kreatif missal siapa yang bisa menjawa soal diberi hadiah sehingga siswa bersemangat dalam menjawab
  9. Mengadakan evaluasi pembelajaran secara berkala seperti meminta kritik dan sarat dari siswa untuk pembelajaran kedepan
  10. Menciptakan suasana kelas yang kondusif
  11. Libatkan diri anda untuk membantu siswa dalam mencapai hasil

Suasana pembelajaran bisa berjalan dengan efektif jika seorang guru mampu menciptakan suasana kelas secara kondusif disertai dengan pendekatan secara khusus terhadap siswa yang dirasa kurang terbuka sehingga metode pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru dapat disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

Oleh :
Dea Puji Saputri
Mahasiswa PAI INISNU Temanggung 

SINKAP.Info  | Redaksi

Facebook Comments