Beranda RIAU Dumai

Sepekan 28 Hektar Lahan Gambut Terbakar

136

DUMAI, SINKAP.info – Akibat cuaca panas, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Dumai terus meluas. Total 28 Hektar lahan gambut terbakar sepekan terakhir.

Kalaksa BPBD Dumai Adyan Bangga Pranata Harahap mengungkapkan, hingga Senin (04/04) jumlah luas lahan yang terbakar di Kota Dumai mencapai 28 hektar dengan titik lokasi Karhutla terbaru berada di jalan Dumai Motor, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur.

“Tim gabungan Pemadam Karhutla Kota Dumai berhasil memadamkan kebakaran, dan saat ini masih melakukan proses pendinginan,” kata Kalaksa.

Untuk kondisi terakhir saat ini, Selasa (5/4/2022), titik api nilihil, namun asap tebal masih menyelimuti lokasi pasca terbakar.

Diterangkan Adyan, saat ini tim gabungan dari BPBD Dumai, TNI, Polri, perwakilan perusahaan, Regdam, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api masih melakukan pendinginan di lokasi Jalan Dumai Motor. Agar titik api benar benar padam mengingat kondisi lahan yang terbakar adalah gambut.

“Dengan cuaca Kota Dumai yang tidak menentu seperti saat ini kami mengimbau kepada masyarakat Dumai yang hendak melakukan pembersihan lahan untuk tidak melakukan pembersihan dengan cara dibakar karena berpotensi menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan,” pesan Adyan.

“Kami dari BPBD Dumai bersama TNI dan Polri serta Manggala Agni dengan melibatkan pihak kecamatan dan kelurahan akan melakukan patroli gabungan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan ini akan rutin kita lakukan apalagi dengan kondisi cuaca seperti saat ini,” pungkasnya.(men)

SINKAP.info | Redaksi
Facebook Comments