Beranda RIAU Dumai

Arus Mudik Idul Fitri 2022 di Pelabuhan BSJ Dumai Mulai Meningkat

38

DUMAI, SINKAP.info  – Hari ke 8 jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau H-8, Ahad 24/04 mulai terjadi peningkatan penumpang di pelabuhan penumpang domestik Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kota Dumai.

Peningkatan terutama pada penumpang turun. Sementara penumpang naik masih relatif stabil. Baik tujuan Bengkalis, Selatpanjang, Tanjung Balai Karimun, Batam, maupun Tanjung Pinang.

“Biasanya tiap kapal yang sandar hanya berisi sekitar 60 an penumpang. Tapi hari ini kami lihat sudah mulai banyak. Sudah lebih separuh terisi,” ujar salah seorang petugas di Pelabuhan BSJ.

Meningkatnya jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Domestiķ BSJ dibenarkan Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas 1 Dumai, Andri Muhammad Setiawan.

“Sudah mulai terlihat, bahkan pihak armada mengajukan tambahan kapal untuk mengangkut pemudik dari Kepri, ‎dan mulai besok (Senin) ada tiga armada yang datang di pelabuhan domestik,” terang Andri, Ahad (24/04/2022).

Hal senada juga dikemukakan kepala KSKP Polres Dumai, AKP Dedi. “Hari ini (Minggu) sudah mulai terlihat peningkatanya. Tapi belum signifikan. Pucaknya diperkirakan pada pada H-2 lebaran,” terang Dedi.

Ditambahkan Dedi, berdasarkan data dari pihak kapal pada Ahad (24/04/2022), ada dua kapal yang tiba di Pelabuhan Domestik  BSJ Dumai. Armada pertama mengangkut sekitar 198 penumpang, sedangkan armada ke dua sekitar seratusan penumpang

‎Penumpang turun didominasi dari Batam dan Tanjung Pinang. Menyusul kemudian dari Tanjung Balai Karimun, Selat Panjang dan Bengkalis.

“Di Dumai hanya transit. Mayoritas akan melanjutkan perjalanan ke Sumatra Utara,” lanjut Dedi seraya menambahkan pihaknya bersama instnsi terkait akan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat‎.

SINKAP.info | Sumber: DUMAIPOSNEWS.COM
Facebook Comments