Beranda KOLOM Exschool

MTs Islamiyah Segomeng Raih Peringkat 3 KSMO Tingkat Provinsi Riau

355

MERANTI, SINKAP.info – Kompetisi Sains Madrasah atau biasa disingkat KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan kompetisi ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten Kota, provinsi, sampai pada tingkat nasional yang diikuti mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Pelaksanaan KSM tahun ini, untuk tingkat kabupaten Kepulauan meranti dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2021, untuk tingkat provinsi Riau pada tanggal 20 September 2021, sementara untuk tingkat nasional akan digelar pada tanggal 23-24 Oktober 2021 mendatang.

Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Online ini merupakan salah satu kegiatan atau ajang yang memberikan dampak positif kepada pihak madrasah khususnya kepada peserta didik untuk menguji dan meningkatkan serta memotivasi diri dalam belajar khususnya di bidang sains.

Dengan adanya ajang ini, peserta didik yang memiliki kemampuan di bidang sains akan lebih termotivasi untuk meningkatkan kompetensi di bidang tersebut. Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh salah satu peserta KSM dari MTs Islamiyah segomeng yang mengikuti KSM tingkat Provinsi Riau.

“Tentu atas nama madrasah mengucapkan selamat kepada siswa kami yang telah memperoleh hasil peringkat ke 3 pada pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Riau. Walaupun belum mendapat hasil yang terbaik tapi tentu ini harus disyukuri sebagai motivasi bagi kita semua” ungkap Bunyamin Kepala MTs Islamiyah Segomeng

Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah tersebut dilaksanakan setiap tahun, meskipun pada saat ini pelaksanaannya berbeda dari beberapa tahun sebelumnya karena adanya kondisi wabah. Ketika sebelumya dilaksanakan di madrasah secara luring (luar jaringan) maka dua tahun terakhir ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan).

Karna Pelaksanaan KSM dilaksanakan secara online (dalam jaringan) tentu untuk beberapa sekolah di Kepulauan meranti yang belum memiliki fasilitas jaringan yang memadai menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah terkhusus operator madrasah.

‘’ Alhamdulillah pelaksanaan KSM online ini berjalan dengan baik, walaupun tentu selama pelaksanaan terdapat tantangan. Terkhusus disekolah yang tidak berada di ibukota kabupaten. Dengan hasil yang didapat oleh siswa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Semoga kedepan madrasah bisa terus berinovasi menuju madrasah yang hebat bermartabat” Terang Musyafa Operator MTs Islamiyah Segomeng

Sebelumnya pelaksanaan KSM tingkat Kepulauan meranti, MTs Islamiyah mengirimkan 3 peserta untuk bertanding dan pada tahapan sebelumnya mengikuti KSMO tingkat kabupaten atas nama Fuji Arista Widya Juara Harapan 3 Mata Pelajaran IPA Terintegrasi dan Restu Amanda Juara Harapan  2 Mata Pelajaran IPS Terintegrasi. Dan Nurul Safika Juara Tiga Matematika Terintegrasi yang mengantarkan Ke KSMO Provinsi Riau

SINKAP.info | Laporan : MM
Facebook Comments