Beranda Riau Pesisir Kepulauan Meranti PKD dan Konferensi Cabang I PC PMII Meranti Resmi Dibuka Asisten...

PKD dan Konferensi Cabang I PC PMII Meranti Resmi Dibuka Asisten III Bupati

200

MERANTI, Sinkap.infoMengusung tema ‘Menuju Generasi yang Bermental Kuat, Kiritis dan Berjiwa Militan’ Pelatihan Kader Dasar dan Konferensi Cabang I Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kepulauan Meranti resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Meranti diwakili Asisten III Bupati bertempat di Gedung Biru Perkantoran Bupati Jalan Dorak Kecamatan Tebing tinggi, Jumat (10/07) siang.

Turut hadir dalam acara pembukaan, Asisiten III Bupati Rosdaner, SPd, Ketua MUI Kepualauan Meranti Mustafa S Ag, MM, mewakili Kapolres Kepulauan Meranti AKP Deswandi SH, Komisioner KPU Meranti Hanafi, S.Sos, Ketua DPD KNPI Meranti Rudi Tanjung, S.I.Kom, dan Ketua PC PMII Karimun Rudi Saputra.

Disampaikan Asisten III Bupati Meranti Rosdaner S.Pd, Mewakili pemerintah menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Pelatihan Kader Dasar dan Konferensi Cabang PMII Meranti.

“Membentuk itu mudah, melaksanakan dan merawatnya yang harus sungguh sungguh. Harus diperkuat dengan niat yang suci, niat baik akan menghasilkan kebaikan. Kemudian, kita jalin silaturahmi sesama Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan ketepikan ego identitas Organisasi. Pemuda dan Mahasiswa punya peran bersama membangun daerah kita,” Ucap Rosdaner dalam sambutannya.

Rosdaner juga mengatakan, mahasiswa dan pemuda boleh saja memberikan kontribusi pemikiran yang kritis namun tetap dibarengi dengan memberi solusi untuk persoalan yang ada di daerah.

MENARIK DIBACA:  Paslon Dantri Nakhodai DEMA STAI Nurul Hidayah

Sementara, Seniorita Alumni PMII Riau 2006 Hanafi, S.Sos mengatakan kita sudah melalui proses panjang mulai dari melaksanakan tiga kali Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) dan pada hari ini baru akan terbentuknya Pengurus Cabang (PC) PMII Meranti.

“Pelatihan Kader Dasar dan Konfercab PMII yang pertama, setelah melalui Pelatihan pengkaderan akan melahirkan kepimpinan Ketua PC PMII Meranti. Pergerakan ini akan membawa adik adik mahasiswa untuk bereksistensi,” ucap Hanafi.

Alumni PMII yang aktif sebagai Komisioner KPU Meranti menambahkan, Mahasiswa harus ada pergerakan dan berdinamika. Harus memberikan kontribusi kritis kepada Legisliatif, Eksekutif dan lembaga penyelenggara untuk kepentingan rakyat.

“Terpilihnya ketua PMII akan ada wajah baru dalam pergerakan Mahasiswa Meranti, melalui proses kaderisasi, saya siap bantu pergerakan PMII ini,” ujarnya.

Mahasiswa jangan melempam, sambung Hanafi, kontribusi kritikan dari aksi mahasiswa sangat perlu untuk mengawal dan melahirkan kepemimpinan yang adil dan bijaksana.

Ditempat yang sama, Ketua DPD KNPI Meranti Rudi Tanjung menyampaikan Organisasi Nasional Cipayung plus (HMI, PMII, GMNI, dan IMM) yang mengantarkan terelenggaranya kepengurusan KNPI.

“Organisasi Mahasiswa telah banyak melahirkan regenerasi estafet kepemimpinan masa depan menjadi SDM yang berkualitas. Sebagai garda terdepan dalam memberikan kontribusi pembangunan daerah,” terang Rudi Tanjung.

MENARIK DIBACA:  Sempat Dua Hari Menghilang, Gadis Kecil di Kepulauan Meranti Ditemukan Tak Bernyawa

Disampaikan Rudi Tanjung, setelah Konfercab PC PMII Meranti ini terselenggara, kegiatan kaderisasi perlu dilakukan terus menerus. Mahasiswa adalah agen perubahan sebagai mitra kritis kontrukstif untuk mengawal kebijakan pemerintah.

“Mahasiswa harus ada pergerakan, sebagai mitra kritis Pemerintah untuk mengawal kebijakan Legislatif dan Eksekutif, sementara KNPI sebagai mitra strategis wadah berhimpunnya Organisasi Kepemudaan akan mendorong pergerakan itu. Kita siap satu barisan bersama Adik adik Mahasiswa untuk mengkritisi kebijakan pemerintah selagi tidak berpihak kepada kepentingn rakyat,” tutur Ketua KNPI menyemangati.

Diketahui, menurut Suharno selaku Ketua Panitia penyelenggara Pelatihan Kader Dasar dan Konferensi Cabang I PMII Kepualauan Meranti, peserta PKD diikuti 35 Mahasiswa dari Riau Kepri. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dimulai Materi Pelatihan Kader Dasar dan Konferensi Cabang sekaligus Pemilihan Ketua PC PMII Kepulauan Meranti.

“Dalam kegiatan ini, hadir bersama kita Ketua PKC PMII Riau Kepri Komisariat Balai Karimun beserta sahabat PMII lainnya yang berasal dari Bengkalis, Pekanbaru dan Tanjung Balai Karimun,” kata Suharno diakhir kegiatan berlangsung.*

SINKAP.info | Laporan: Mkh
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here