Beranda HIBURAN Lifestyle Tips Jitu Berhemat dan Memaksakan Diri Untuk Menabung Setiap Bulan

Tips Jitu Berhemat dan Memaksakan Diri Untuk Menabung Setiap Bulan

27
0
Mengelola Keuangan Untuk Finansial Masa Depan
Hemat Pangkal Kaya
Hemat Pangkal Kaya
Mengelola Keuangan Untuk Finansial Masa Depan

Sinkap- Mengatur keuangan pribadi secara jelas, teratur dan tepat guna dari hasil pendapatan anda sangatlah penting, terutama bagi anda yang memiliki pendapatan pas-pasan. Seperti membuat pembukuan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak memandang status sosial atau gaji bulanan. Salah satu tujuan mengelola agar pengeluaran tidak lebih besar dari pada pemasukan. Jangan sampai pepatah kuno “lebih besar pasak dari pada tiang” berlaku di kehidupan anda, artinya lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan anda. Jika sampai pengeluaran lebih besar, anda mungkin harus berurusan dengan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan dan akhirnya terlilit utang piutang di sana-sini.

 

 

Berikut  Tips Berhemat dan Memaksakan diri untuk menabung:

Buatlah program menabung teratur melalui autodebet bank.

Ada keinginan menabung untuk masa depan namun masih tergoda dengan keinginan lalu menarik kembali berlahan-lahan uang tabungan sehingga nominal tabungan menjadi berkurang? Atau sudah menabung direkening bank namun bisa ditarik setiap saat untuk kebutuhan yang darurat sehingga uang simpanan dibank anda hanya numpang lewat?

Nah, Membiasakan disiplin diri untuk menabung memanglah sulit namun akan berguna jika suatu saat anda memiliki impian untuk membangun rumah, membuka modal usaha, atau menghadapi masalah keuangan. Salah satu solusinya anda bisa menggunakan layanan dari Bank untuk mendebit otomatis sebagian gaji anda setiap bulannya.

Kesepakatan jumlah uang yang akan didebet dan seberapa lama tabungan anda baru bisa diambil itu sesuai dengan persetujuan dan kesepakatan antara anda dan pihak bank. Misalkan anda memilih autodebet Rp. 1.5 Jt tiap bulannya dengan waktu jatuh tempo 36 bulan. Maka selama 36 bulan anda diharuskan menabung sebesar Rp.1.5 Jt/bulan, uang simpanan anda bisa diambil setelah jatuh tempo ketentuan autodebet selama 36 bulan. Tanpa terasa 1.5 Jt x 36 Bulan, anda sudah menabung sebesar Rp. 54 Jt selama 3 tahun.

MENARIK DIBACA:  Cek di Rumah Anda, Mana Tau Ada Barang Antik yang Harganya Bikin Mendadak Kaya
Hindari membeli keinginan jika bukan kebutuhan

Banyak yang teroda membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan, Hanya sebatas keinginan memiliki sehingga berdampak terhadap pengelolaan keuangan anda menjadi tidak stabil. Jika keinginan anda masih bisa meminjam atau menyewa, hindarilah membeli. Jika anda menginginkan sebuah barang yang hanya akan dipakai sekali, 2 kali saja atau sesaat, sebaiknya hindari membeli. Anda bisa menyewa atau meminjam karena jauh lebih murah. Misalkan anda ingin menjepret acara pernikahan keluarga menggunakan DSLR kamera untuk mendapatkan kualitas hasil foto yang bagus, anda tidak perlu terburu-buru harus membeli DSLR yang harganya kisaran dari 4 Jt-25 Jt, sebaiknya anda bisa meminjam atau menyewa kamera DSLR dengan harga yang terjangkau.

Lunasi cicilan sesuai kemampuan anda

Ini adalah salah satu hal terpenting dalam mengelola keuangan. Semakin banyak uang yang bisa anda hemat, semakin baik. Jika ingin mencicil barang, pilih angsuran yang DP nya besar. Pada akhirnya yang anda harus melihat jumlah total yang harus anda bayarkan. Misalnya anda memilih barang yang DP nya kecil, kemudian bunganya tinggi. Anda bisa membayar hingga 2 kali lipat harga barang tersebut. Oleh sebab itu berusahalah melunasi cicilah secepat yang anda bisa.

Mencari asuransi.

Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan uang yang sangat banyak. Oleh sebab itu sangat disarankan agar anda mencari asuransi yang mampu menjaga keuangan anda di masa-masa krisis.

MENARIK DIBACA:  Mengintip Remaja SMA Kekinian, Cantiknya Buat Mata Melamun!
Buat pembukuan yang rapi dan teratur.

Cobalah untuk membuat pembukuan tentang jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Dengan cara ini anda benar-benar tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan. Jika jumlah pengeluaran jauh melebihi pemasukan, sudah saatnya anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

Sisihkan sedikit uang setiap hari untuk tujuan keinginan anda.

Setelah anda disiplin dan teratur menabung melalui autodebet bank, tentunya anda memiliki keinginan untuk berlibur bersama keluarga atau ingin membeli dan menambah peralatan rumah tangga anda, Nah sebaiknya anda menabung sedikit demi sedikit secara teratur, seberapapun kecilnya jumlah uang, jika ditumpuk pasti akan menjadi banyak. Misalnya setiap hari anda berbelanja dan menerima kembalian. Simpan saja kembalian tersebut ke dalam celengan. Anda tidak akan merasa menyisihkan uang dengan cara seperti ini. Sewaktu waktu anda ingin berlibur atau membeli barang, celengan anda bisa membantu menambah tujuan keinginan anda.

Tips penting dalam mengelola keuangan

Mengelola keuangan bukan tergantung seberapa besar dan kecilnya pendapatan bulanan anda! Namun yang terpenting adalah seberapa bijak dan disiplin anda dalam mengelola sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan wajib simpanan tabungan anda terisi dan bertambah setiap bulannya. Menabung tidak harus menunggu banyak, pepatah lama mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi BUKIT! Buktikan dengan cara 3M!!!

Mulai dari diri sendiri

Mulai dari hal yang paling kecil

Mulai saat ini juga.

—terimkasih—

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here