Home | SINKAP
Beranda blog

Pjs Bupati Serah Bantuan Kepada 26 Mahasiswa Labuhanbatu Bantuan Masuk SNMPTN dan SBMPTN

LABUHANBATU, Sinkap.info – Sebanyak 26 orang mahasiswa asal Labuhanbatu secara simbolis menerima bantuan masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur seleksi Nasional, masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun 2020 yang diserahkan langsung oleh Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs. H. Mhd. Fitryus, SH.MSP di ruang Data dan karya Bupati Labuhanbatu Senin, (30 /11).

Kabag kesra Labuhanbatu Ahmad Sampurna dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah SK Bupati Labuhanbatu nomor 7 tahun 2013 tentang pedoman pemberian dana pendidikan bagi mahasiswa Kabupaten Labuhanbatu’ dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan harapan, kemampuan dan potensi serta motivasi belajar bagi siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan tinggi negeri. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan masyarakat Labuhanbatu untuk belajar di perguruan tinggi.” Ujar Sampurna.

Jumlah keseluruhan siswa yang masuk perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN, SBMPTN dan sejenisnya sebanyak 861 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, terdiri dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri SNMPTN, SBMPTN dan jalur lainnya. Keseluruhannya bersumber dari dana APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2020. Jelas Sampurna.

Di sisi lain Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP mengucapkan selamat kepada putra-putri Labuhanbatu yang telah menerima bantuan masuk perguruan tinggi negeri, dan berharap semoga bantuan yang diterima hari bisa membantu meringankan biaya pendidikan di perguruan tinggi Negeri.

Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk putra-putri Labuhanbatu agar tercukupi kebutuhan pendidikanya.
Dari upaya ini terlihat bahwa Pemerintahan daerah kabupaten Labuhanbatu sangat menginginkan generasi muda penerus bangsa ini menjadi generasi yang terbaik untuk kabupaten yang kita cintai ini. Jelas Pjs. Bupati.

Berikut jumlah dan nama perguruan tinggi negeri yang menerima bantuan pendidikan dari Pemerintah kabupaten Labuhanbatu.

Universitas Indonesia sebanyak 1 orang, Brawijaya 3 orang , Uinsu 6 orang, Unima 4 orang, USU 3 orang yang, IPB 1 orang, UNRI 1 orang, Unimed 3 orang, IAIN PS 1 orang, ITS 1 orang, dan Poltekkes Kemenkes Medan 1 orang. Adapun jumlah bantuan yang diterima untuk UKT jalur SNMPT sebanyak Rp.2.000.000, jalur SBMPTN sebanyak Rp. 3.000.000,-

Usai menyerahkan bantuan pendidikan secara simbolis, panitia pelaksana memberikan doorprize berupa 1 buah laptop, 2 buah HP, dan 6 buah tas kepada para peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari panitia.

Hadir mengikuti kegiatan tersebut Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus, SH.MSP, Asisten 1 Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga M.Pd, Asisten 3 Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Zaid Harahap, Kabag kesra Labuhanbatu Ahmad Sampoerna, para siswa penerima bantuan dan orang tua wali.

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

Jawaban Bupati Bengkalis Terhadap Pandangan Umum Fraksi TA 2021

Dalam sambutannya Pj. Bupati Syahrial Abdi mengucapkan terima kasih terhadap saran, masukan dan usulan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS, Sinkap.info Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi menyampaikan jawaban Kepala Daerah terhadap pandangan umum yang telah disampaikan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis terhadap Nota Keuangan dan Ranperda APBD Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2021, Jum’at (27/11), di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Bengkalis.

Facebook Comments

Forkopimda Labuhanbatu Raya Gelar Acara Doa Bersama Guna Keamanan Pilkada

LABUHANBATU, Sinkap.info – Forkopimda Labuhanbatu Raya menggelar acara do’a bersama untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) pada 9 Desember mendatang di Aula gedung serbaguna Parama Satwika Polres Labuhanbatu Jum’at 27/11.

Selain do’a bersama Forkopimda Labuhanbatu Raya secara bersama – sama dengan KPU, seluruh Paslon Bupati se-Labuhanbatu raya, Tokoh agama dan tokoh masyarakat membacakan ikrar pemilu damai, sehat dan aman, serta tidak memprovokasi terhadap kabar berita terkait Pilkada di Labuhanbatu raya yang belum tentu kebenarannya.

Mewakili Bupati Labuhanbatu Raya, Pjs.Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP dalam pidatonya yang disampaikan Sekdakab Labuhanbatu Ir.Muhammad Yusuf Siagian, M.MA menyebutkan “pertemuan yang kita laksanakan kali ini membuktikan adanya kesatuan semangat untuk bersama-sama mewujudkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 yang aman damai dan sehat, langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil khususnya di wilayah hukum Polres Labuhanbatu Raya”. Ujarnya

Ikut dalam doa bersama tersebut, Seluruh Sekda SE-Labuhanbatu Raya, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Dandim 0209/LB, Kapolres Labuhanbatu, Seluruh Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Se Labuhanbatu Raya, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat Labuhanbatu Raya.

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

Angka Kemiskinan Menurun, Kabupaten Meranti Menanti Langkah Pemimpin Baru

Penulis: Ns.Maghfaruddin, M.Si
SDM PKH Kementerian Sosial RI

KEMISKINAN di kabupaten Kepulauan Meranti bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah panjang terlepas dari pemekaran Kabupaten Terkaya di provinsi Riau.

Pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti terlepas dari kabupaten induk Bengkalis tahun 2009 menyisakan garis kemiskinan diangka 43%, Berdirinya kantor Badan Pusat Statistik kabupaten Kepulauan Meranti memperlihatkan data awal setelah terpisah dari Kabupaten induk, BPS 2012 bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mencatat angka kemiskinan masih tertinggi pada 35.8%.

Satu tahun setelah perhelatan Pilkada pertama tahun 2010 kemiskinan di Meranti menjadi persoalan serius yang harus diatasi, keterbatasan APBD Meranti, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Meranti dan menurunkan angka kemiskinan.

Hasil upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk menekan Grafik kemiskinan menunjukkan tahun 2013 tercatat angka kemiskinan menurun namun tidak signifikan pada angka 35,7%. Peningkatan APBD Meranti Tahun 2014 berkisar 1.6 Triliun berdampak terhadap tingkat kesejahteraan yang mulai meningkat dibuktikan kemiskinan menurun lebih baik dari tahun sebelumnya (33,8%).

Memasuki usia 6 tahun pemekaran Kepulauan Meranti, tahun 2015 (pada Pilkada II) Kemiskinan meningkat 0.6% dari tahun sebelumnya, masih menempati posisi tertinggi di Riau pada persentase 34%.

Berbagai strategi sharing program pusat dan daerah terus dilakukan untuk menggenjot terhadap persoalan kemiskinan di Meranti. Program Nasional dan daerah ditingkatkan melalui pemberdayaan masyarakat berbasis usaha ekonomi produktif.

Tahun 2016 menunjukkan hasil kemajuan dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, kemiskinan ditekan menurun 3.2% menjadi 30,8%. Tiga tahun terakhir angka kemiskinan menunjukkan grafik yang semakin membaik, tahun 2017 berada pada angka 28,9%, tahun 2018 kemiskinan menurun 27,7% dan tahun 2019 tercatat angka kemiskinan 26,9% hasil sumber data terbaru BPS Kabupaten Kepulauan Meranti dalam angka 2020.

Hasil data BPS menjadi acuan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai instrumen pengukuran kinerja visi misi daerah untuk 5 tahun kedepannya. Salah satunya Human Development index mengukur bagaimana masyarakat dalam mengakses infrastruktur untuk memperoleh pendapatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan yang merupakan bagian dari indikator menuju masyarakat Meranti sejahtera yang berpengaruh terhadap grafik angka kemiskinan.

Variabel kemiskinan, masih menjadi persoalan penting Pemimpin Meranti kedepannya. Efesiensi kekuatan anggaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu langkah konkrit dan indikator yang jelas pada percepatan dan pencapaian hasil mengacu pada penguatan dukungan program pilar SDGs (Suitanable Development Golds) 2030.

Menurut Bappenas (2020) dalam Metadata Indikator Pilar Pembangunan Sosial, tidak mudah untuk menentukan dan mendefinisikan kemiskinan karena kemiskinan bersifat multidimensi. BPS dan pemerintah dalam beberapa seminar dan pertemuan menyepakati mengukur kemiskinan dari sudut ekonomi dengan pendekatan uang (monetary approach).

Kemiskinan di Meranti dalam beberapa forum komunikasi publik, data kemiskinan masih menjadi persoalan serius untuk dibahas dalam menentukan cluster kemiskinan. Data kemiskinan menjadi acuan sasaran program pemerintah untuk mengentaskan rantai kemiskinan sebagai indikator keluarga sejahtera, resiko miskin dan keluarga miskin.

Menurut Prof. Dr. Marnis, SE, M.Si membagi 3 indikator pengukuran Sejahtera, Resiko Miskin dan Miskin. Dikatakan keluarga Sejahtera apabila pendapatan keluarga bisa memenuhi kebutuhan, memenuhi saving (simpanan/tabungan) secara kontiniu serta memiliki asuransi kesehatan dan jaminan hari tua.

Kemudian resiko miskin apabila Pendapatan hanya memenuhi Kebutuhan sehari hari, tidak mampu dan tidak memiliki simpanan, tidak memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jaminan hari tua.

Sedangkan indikator Miskin, jika pendapatan keluarga minus terhadap pengeluaran kebutuhan ditambah hutang tanpa simpanan dan tanpa asuransi.

Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs tujuan pembangunan berkelanjutan menyusun Pilar Pembangunan Sosial sebagai upaya tujuan tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas dan kesejahteraan gender.

Pilar pembangunan sosial secara merata dan berkeadilan telah direalisasikan kepada seluruh keluarga penerima manfaat hingga ke pelosok desa melalui program nasional seperti Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT/Sembako).

Khususnya di kabupaten Kepulauan Meranti, masyarakat Meranti yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sudah memanfaatkan program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga. Bantuan program nasional dan daerah diberikan kepada sasaran keluarga Miskin dan Rentan terhadap kemiskinan.

Terkait data penerima tepat sasaran dan layak menerima maka diserahkan kepada kebijakan daerah melalui regulasi yang telah diatur oleh Kementerian Sosial, sumber data diperoleh dari musyawarah kelurahan/desa secara berkala untuk mengusulkan calon keluarga penerima bantuan kemudian dilakukan verifikasi dan validasi oleh petugas yang dipilih oleh Kementerian Sosial RI.

Selain program pemerintah pusat yang bersifat stimulan dan konsumtif dalam mengurangi beban keluarga miskin, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten perlu melakukan program strategis yang terukur dan bernilai produktif untuk meningkatkan pendapatan perkapita guna mempercepat penanganan angka kemisikinan di Kabupaten kepulauan Meranti.

Apresiasi dan terimakasih atas upaya Pemerintah pusat dan daerah memasuki genap 11 Tahun Pemekaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah berhasil menekan 16.1% angka kemiskinan. Memasuki Pemilihan Kepala Daerah Kepulauan Meranti priode ke III, Masyarakat Menanti Langkah Pemimpin Baru untuk terus berupaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten termuda di Provinsi Riau kedepannya.

Referensi:
*Kabupaten Kepulauan Meranti dalam Angka 2020
*Metadata Indikator: Pilar Pembangunan Sosial
*Keynote Speaker Prof.Dr.Marnis, SE, M.Si dalam Pendadaran Grand Teori Manajemen Ekonomi

Facebook Comments

Diduga Tak Lagi Dukung Petahana, IB Dilengserkan Dari Jabatan Ketua Karang Taruna

BANGGAI, Sinkap.info – Polemik Karang Taruna Kabupaten Banggai menuai berbagai opini publik media sosial, dugaan publik media sosial menilai pelengseran ini ada hubungannya dengan pilihan politik IB sapaan akrab Irfan Bungadjim yang tak lagi mendukung petahana pada Pilkada Banggai 2020.

Pasalnya, beberapa pekan lalu Ketua Karang Taruna Kabupaten Banggai pada salah satu postingannya membela Paslon Bupati Banggai no urut 2 Amir Tamoreka  soal niatan penyediaan operasional helikopter untuk kepentingan pelayanan publik, bahkan dirinya juga mengkritisi kalimat petahana lewat media sosial facebook atas kalimat “mie sakura makanan ayam bukan makanan manusia.

Sementara itu, IB saat di konfirmasi mengenai pergantian dirinya dari ketua Karang Taruna Kabupaten Banggai, menilai bahwa sampai hari ini dirinya masih sebagai ketua Karang Taruna kabupaten Banggai yang sah.

“Heran juga saya kenapa ada pergantian ketua KT yang tidak melalui mekanisme PERMENSOS 77 tahun 2010, ingat yah ini bukan organisasi politik, ini organisasi murni yg lahir dari keinginan pemuda untuk membentuk karang Taruna”, ujarnya

Saat ditanyakan pergantian ini ada hubungannya dengan dukungannya yang tidak lagi ke petahana, dirinya hanya menyerahkan kepada publik untuk menilai segalanya.

“Saya kira rakyat Kabupaten Banggai khususnya para pemuda sudah pandai menilai, apakah pergantian ini erat hubungannya dengan momen Pilkada 2020 atau tidak”, sambungnya

Dirinya juga meminta agar para pemuda dan rakyat Kabupaten Banggai membuka mata agar tidak salah memilih Kepala Daerah pada 9 desember nanti, jangan sampai kita melahirkan pemimpin yang anti kritik dan silahkan rakyat Kabupaten Banggai menilai, dzolim dan sewenang-wenang pada rakyatnya.

Secara terpisah kepala dinas sosial kabupaten Banggai, sebagai pembina fungsional mengatakan bahwa pergantian Karang Taruna Harus atas sepengetahuan Dinas Sosial sebab organisasi karang taruna adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Dinas sosial,

“Mulai dari pusat dan hampir diseluruh Indonesia Karang Taruna pembinanya adalah Kadis Sosial, jadi kalau ada pergantian itu saya juga tidak tahu, dan sampai hari ini yg terdaftar di Dinas sosial ketua KT adalah Irfan Bungadjim”, tegasnya.

SINKAP.info | Laporan: MRm
Facebook Comments

Pjs Bupati Labuhanbatu Baca Nota Keuangan Ranperda APBD di Rapat Paripurna DPRD

LABUHANBATU, Sinkap.info – Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs. H. Mhd. Fitryus, SH. MSP membacakan pengantar nota keuangan Ranperda APBD Kabupaten Labuhanbatu Tahun Anggaran 2021 pada sidang Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu di Ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu jalan SM Raja Kecamatan Rantau Selatan, Senin (23/11).

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menargetkan pajak daerah pada R.APBD tahun 2021 sebesar Rp 69.240.000.000 restribusi daerah sebesar Rp 9.170.131.200, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar, Rp 13.940.288.000, lain-lain pendapatan daerah besar Rp 119.500.000.

Sedangkan pendapatan transfer di ditargetkan sebesar Rp 1.032.310.001.000, yang terdiri dari transfer Pemerintah pusat sebesar Rp 952.310.001.000, dan transfer antar daerah sebesar Rp 80.000.000.000,.

Untuk dana bagi hasil bukan pajak ditargetkan sebesar Rp 36.066.950.000, Dana Alokasi Umum Rp 659.352.692.000, Dana Alokasi Khusus Rp 182.413.942.000, Dana Desa ditetapkan sebesar Rp 74.477.417.000.

Menurut Drs.Fitryus dilihat dari kondisi rencana pendapatan daerah yang dikemukakan di atas bahwa pendapatan transformasi memiliki kontribusi yang paling dominan terhadap total pendapatan daerah, kondisi ini sekaligus mencerminkan bahwa pemerintah Kabupaten Labuhanbatu masih memiliki ketergantungan yang sangat besar terhadap pendapatan transfer dari pemerintah pusat, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tetap melakukan langkah dan upaya secara menyeluruh agar pendapatan asli daerah ke depan lebih dapat ditingkatkan sebagai wujud kemandirian daerah sesuai dengan amanah undang-undang otonomi daerah.

Disampaikan Pjs. Bupati Labuhanbatu, belanja modal direncanakan dalam RAPD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021 adalah sebesar Rp 135.944.121.036, sudah termasuk didalamnya dana alokasi khusus tahun anggaran 2021 sebesar Rp 72.309.119.000, belanja tidak terduga dialokasikan sebesar tiga miliar rupiah, belanja transfer sebesar Rp 148.519.281.200.

Alokasi belanja tersebut dipertahankan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh seluruh organisasi perangkat daerah tentu dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 nantinya tetap mengedepankan azas dan prinsip pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami menyadari bahwa rancangan peraturan daerah dimaksud belum sepenuhnya memenuhi harapan anggota dewan yang terhormat. Oleh karena itu kiranya dapat dibahas dan diteliti bersama-sama dalam sidang dewan selanjutnya kami berharap dengan kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif dan Perda tentang APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021 ini dapat terlaksana dengan baik.” Ujar Drs.Fitryus.

Rapat paripurna kali ini diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, seluruh kepala OPD, para asisten, staf ahli, ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu beserta seluruh anggota DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Pembahasan R.APBD Kabupaten Labuhanbatu dibahas pada Rapat Paripurna selanjutnya.

SINKAP.info | Laporan: Fs

Facebook Comments

Focus On Allah, Tema Seminar Pola Pertolongan Allah

PEMATANGSIANTAR, Sinkap.Info – just Focus on Allah tema seminar Pola Pertolongan Allah yang diadakan di Hotel Siantar, Minggu (22/11).

Private Class PPA adalah sebuah training yang mengajarkan langkah demi langkah untuk membimbing Anda keluar dari semua permasalahan Anda saat ini baik itu masalah hutang, keluarga yang kurang harmonis, jodoh yang tidak kunjung datang, usaha yang selalu bangkrut dan lain sebagainya dengan cara mengajarkan kepada Anda tentang 5 pola yang terbukti bisa mengundang pertolongannya Allah, hal di dibuktikan dengan ribuan testimoni yang dirasakan para alumni yang sudah mengikuti kelasnya

PPA sendiri adalah singkatan Pola Pertolongan Allah, yang disajikan dalam Sebuah Private Class kurang lebih selama 12 Jam, yaitu dari pukul 08.00 sampai 20.00, dimana di dalam kelas tersebut bersama-sama mencari jalan keluar dari permasalahan dan keinginan Kawan-kawan, namun bukan dengan cara-cara manusia, namun dengan cara-caranya Allah, kita mengundang pertolongan Allah dari jalan-jalan yang tidak terduga (mengundang Miracle Allah).

Private Class PPA sendiri alumninya sudah puluhan ribu dari mulai Ustadz, guru, pengusaha, pemilik perusahaan, dokter, perawat, pejabat, mahasiswa, dll.

Alhamdulillah atas ijin Allah banyak orang-orang yang dalam hidupnya mendapatkan pertolongan Allah (miracle), dan ternyata semua itu ada benang merahnya dengan hanya Memahami dan Megaplikasikan 5 POLA saja.

Pola inilah yang dengan izin Allah ditemukan oleh foundernya Rezha Rendy dan telah diajarkan kepada Puluhan ribu orang, dan hasilnya Masyallah mampu menyelesaikan permasalahan hidup dan keinginan-keinginan yang nampaknya mustahil diraih.

“Bukan PPA nya yang dahsyat tapi Allah lah yang Maha Kuasa.” tegas sang Founder.

Private class PPA ini telah terbukti mengundang Miracle Allah misal,

Hutang milyaran Allah lunasi (tercatat 35-58 Milyard)
Dapat motor, mobil dan rumah gratis
Puluhan org bisa umrah tanpa uang
Haji GRATIS tanpa uang dan tanpa ngantri
Bisnis melejit
Punya bisnis tanpa modal
Hubungan keluarga membaik
Sakit parah membaik
Selalu dikelilingi keajaiban-keajaiban
Dll terbukti dengan ribuan testimoni

Namun yang paling penting dari kelas privat PPA ini adalah ketauhidan kepada Allah makin terasa. Para pesertanya dapat merasa dekat dan dapat menghadirkan Allah dalam tiap detik hidupnya dan itulah puncak pencapaiannya.

Salah satu visi besarnya adalah mengembalikan umat kepda Allah. Mengingat banyaknya training-training yang menyelipkan aqidah-aqidah yang menggeser ketauhidan pada Allah.

Semoga ini menjadi jalan hidayah bagi kita semua, tidak lain untuk menggapai Ridho dan CintaNya.

“Barangsiapa berhijrah di jalan ALLAH, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak..”
[QS An Nisa:100]

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” [HR. Muslim no. 1893]

Beberapa komentar dari Anggota PPA yang mengikuti PPA tersebut:

Assalammu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Nama saya Givana Vemila , umur saya 22 tahun, dan alamat saya Jl. Anjangsana Huta 1 simpang Mesjid Karang Rejo.

Sebelum saya masuk kelas PPA saya adalah orang menganggap bahwa diri saya itu tidak membutuhkan bantuan orang lain, saya sombong. Apalagi semalam ketika ustad mengatakan bahwa banyak orang yang cuma tau Allah tetapi tidak kenal dengan Allah dan disitu hati saya tercabik cabik malu, selama ini hanya membicarakan tentang dunia tetapi sedikit membicarakan tentang Allah. Padahal Allahlah yang maha segala galanya. Selalu mengerjakan sholat tetapi tidak pernah ada ketenangan hidup akulah manusia munafik itu dimulut mengatakan cinta Allah tetapi mengerjakan perintahnya selalu terburu buru nafsu. Dulu itu jika dihadapkan dengan sebuah masalah selalu kabur takut untuk menghadapinya sampai putus silaturahmi dengan sahabat sendiri dan orang orang terdekat lainnya. Tetapi setelah ikut kelas PPA I am ready for the problem. Yes, problems are not to be avided but faced. Ya masalah itu bukan untuk di hindari tapi dihadapi. Selama ini selalu curhatnya ke manusia tanpa melibatkan Allah seolah olah tidak percaya dengan pertolongan Allah dan bahkan curhat ke Allah cuma sebentar. PPA mengajarkan saya untuk merubah pola berpikir saya mindset hidup saya untuk menjadikan manusia yang selalu berpikiran positif kepada Allah , bersikap yakin bahwa setiap masalah ada solusinya dan setiap Allah memberikan masalah itu semua karena Allah cinta dengan kita dan Allah selalu bersama kita, bersikap sabar dalam menghadapi masalah. Allah is in love with us. Let’s start the journey into the miracle world. Thank you PPA thank you dear people for teaching me the meaning of life❣️

Assallammualaikum
Perkenalkan saya Yesi Poulina 45 tahun alamat jalan sudirman p siantar pengalaman ikut PPA. Awal nya ikut PPA hanya dengan rasa penasaran terhadap PPA…udah 3 x diajak kawan tapi nggak pernah terwujud dan Alhamdulillah tanggal 22 november 2020 bisa mengikuti. Ilmu yang didapat dari para trainner sangat mantap dan dalam maknanya. Semakin membuat kuat keyakinan dan ikhtiar saya tuk keluar dari riba KPR. Masalah yang saya hadapi saat ini ingin menjual rumah agar bisa keluar dari riba karena saya sadar dosa besar atas riba ini…usaha yang sudah saya lakukan sudah banyak , dari promo ke kawan-kawan dan media sosial. Dengan ikut PPA kemaren, semakin menguatkan hati ini akan luasnya kasih sayang dan cinta nya Allah terhadap hamba-Nya. InsyaAllah dengan niat, ikhtiar yang maksimal serta kepasrah atas kuasa Allah..semoga niat saya ini bisa secepatnya di lunaskan Allah.
Mohon doa dan suport nya kawan-kawan agar niat saya bisa terwujud.
Terima kasih PPA yang sudah membuka hati dan pikiran saya…focus on Allah💟💟

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan nama saya Ghina alamat jalan merpati GG mesjid, Alhamdulillah, sangat bersyukur dapat ikut belajar di kelas PPA, saya dulu hanya bisa liat dan membayangkan betapa enaknya yah ikut belajar tentang keyakinan (tauhid), hal itu pernah di bayangkan saat masih baru ada PPA baru dengar karena pernah dengar kajian tentang magnet rezeki yang ternyata sama “Pola Langit” , Alhamdulillah ternyata setelah saya ikut bantu untuk kencleng Tahfiz Qur’an…Magnet PPA semakin dekat, Qadarullah saya yang lagi bermasalah ekonomi hanya Allah yang tau keadaan saya saat ini, sudah menunggu waktu aja. Teman PPA membantu saya membiayai agar saya ikut belajar, demi Allah saya menangis saat menulis ini, keajaiban Allah dekat dengan saya tapi saya kurang sabar selama ini, Mohon doa keluarga saya disini agar saya bisa diberikan Allah kemudahan dan keajaiban mengatasi masalah saya ini, Aamiin
Buat saudara saya yang sudah bantu, hanya doa terbaik yang bisa aku minta pada Allah, agar semua hajat ,cita”, dikabulkan Allah dengan sangat mudah dan gampang …Aamiin
Juga doa kepada seluruh peserta yang hadir semalam, Allah jabah doanya dilancarkan diberi kesehatan diberi kebahagiaan, semua kebaikan selalu mengikuti dan di jumpakan kita semua di Jannah nya Allah
…Aamiin

Apalagi semalam ketika ustad mengatakan bahwa banyak orang yang cuma tau Allah tetapi tidak kenal dengan Allah dan disitu hati saya tercabik cabik malu, selama ini hanya membicarakan tentang dunia tetapi sedikit membicarakan tentang Allah. Selalu mengerjakan sholat tetapi tidak pernah ada ketenangan hidup akulah manusia munafik itu dimulut mengatakan cinta Allah tetapi mengerjakan perintahnya selalu terburu buru nafsu. Selama ini selalu curhatnya ke manusia tanpa melibatkan Allah seolah olah tidak percaya dengan pertolongan Allah dan bahkan curhat ke Allah cuma sebentar. PPA mengajarkan saya untuk merubah pola berpikir saya mindset hidup saya untuk menjadikan manusia yang selalu berpikiran positif kepada Allah , bersikap yakin bahwa setiap masalah ada solusinya dan setiap Allah memberikan masalah itu semua karena Allah cinta dengan kita dan Allah selalu bersama kita, bersikap sabar dalam menghadapi masalah.

Allah is in love with u

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

HMI Luwuk Banggai, “Harap ASN Netral, dan Masyarakat Berani Melapor Jika Diintimidasi

BANGGAI, Sinkap.info – Pengurus HMI Cabang Luwuk Banggai Periode 2020-2021 menekankan pentingnya keberanian masyarakat untuk berani melaporkan dan melawan jika ada intimidasi atau upaya mengarahkan pilihan politik yang dilakukan oleh aparat desa, pegawai kelurahan dan Kecamatan ke salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.

Melalui Ketua umumnya Fitrah Dwi Sari Noho, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Luwuk Banggai berharap Pilkada 2020 ini bisa berjalan dengan bersih, jujur dan adil, tanpa adanya tekanan dan intimidasi dimasyarakat atas pilihan politik dan sikap politiknya.

“Kami menghimbau kepada Masyarakat Kabupaten Banggai agar tidak perlu takut untuk melaporkan pelanggaran apabila terjadi intimidasi dari ASN baik itu Camat, Lurah hingga Aparat Desa. Kami juga mendukung Bawaslu, KPU, TNI dan POLRI dalam menjaga pilkada aman dan damai untuk kemajuan Kabupaten Banggai”, ujarnya

Dirinya juga menambahkan, pentingnya para aparatur sipil negara untuk bersikap netral, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil disebutkan bahwa ASN dilarang untuk terlibat politik praktis seperti terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Bupati dan wakil Bupati.

“ASN harus memberikan teladan yang baik dimasyarakat dengan tidak melanggar aturan netralitasnya, agar pemilu kali ini bisa benar-benar bersih jujur dan adil”, sambung dia.

Selain itu, wanita yang juga pernah menjabat sebagai ketua umum organisasi paguyuban mahasiswa kintom ini, berharap para ASN tidak menggunakan fasilitas negara yang terkait dengan jabatannya dalam kegiatan kampanye, serta membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye dan mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada ASN dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat sebagaimana diatur dalam peraturan disiplin ASN.

“Kami segenap pengurus HMI Cabang luwuk Banggai akan mengawal hal ini, netralitas ASN hingga intimidasi-intimidasi terhadap masyarakat Kabupaten Banggai dalam hal sikap dan pilihan politiknya semoga tidak terjadi pada pemilu kali ini”. tutupnya.

SINKAP.info | Laporan: MRm

Facebook Comments

Paslon Kabupaten Banggai Sebut Orson dan Mie Sakura Bukan Makanan Manusia

BANGGAI, Sinkap.info – Kembali jagat maya media sosial facebook ramai membahas viralnya video Calon Bupati Banggai, diduga paslon petahana no urut 3 tersebut telah mendiskreditkan bantuan sosial covid dari paslon saingannya disalah satu Desa Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai.

Dilansir dari postingan Facebook dengan nama akun Perempuan Amanah, yang kecewa dengan kata-kata yang diucapkan dalam rekaman video tersebut,
pasalnya dalam video itu, kandidat paslon dengan tagline Winstar terdengar mengatakan bahwa mie sakura adalah makanan ayam bukan makanan manusia sambil tertawa, “orson, mi sakura, ebee makanan ayam itu bukan makanan manusia”, ujar calon Bupati no urut 3.

Hall ini kemudian mematik beragam tanggapan dari publik medsos, “jangan pandang orson dengan mie sakuranya, tapi pikirkan berapa banyak masyarakat Kabupaten Banggai yang di bagikan bantuan”, komentar nama akun Ma’oel Sah.

“Sampai sekarang orson sama mie sakura masih banyk manusia yang konsumsi, jangan takabur pak bilang itu makanan ayam” sambung akun naskah.

Sementara itu, terpisah Ketua Divisi Hukum tim Koalisi Pemenangan Amir Tamoreka – Furqanudin Masulili (AT-FM), Zulharbi Amathir saat ditanya perihal tanggapan atas beredarnya video yang di duga mendiskreditkan kandidat mereka, dirinya menilai hal tersebut sedang di pelajari, “apakah ada unsur pelanggaran atau pidana didalamnya, kita sedang kaji hal ini” ujarnya.

Selain itu, dirinya menambahkan bahwa tidak pantas jika ada pasangan calon yang notebenenya seorang petahana, lantas berbicara didepan orang banyak bahwa makanan seperti mie sakura dan minuman orson bukan makanan manusia tapi makanan hewan (ayam).

“Itu juga, tidak tau kenapa mencari simpati nanti dengan cara menjatuhkan harkat dan martabat orang lain, padahal sampaikan saja visi misi anda, tidak perlu menyerang kandidat lain”, sambungnya.

Kandidat yang bicara dalam video tersebut menurutnya harus lebih tahu bersyukur, sebab ada sosok seorang dermawan putra daerah seperti Amir Tamoreka yang ikhlas menggunakan uang pribadinya kurang lebih 6 miliar untuk membantu rakyat Kabupaten Banggai saat covid pertama kali menyerang sendi-sendi perekonomian di kabupaten Banggai.

“Harusnya dia bersyukur masyarakatnya dibantu, bukan malah menghinakan bantuan tersebut, ada 6 miliar lebih kemarin yang kami belanjakan Minyak, susu, gula, orson, mie dan beras, yang kami bagikan ke 70 ribu Keluarga se Kabupaten Banggai”, tutupnya.

SINKAP.info | Laporan: MRm
Facebook Comments

Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kepulauan Meranti Dilantik

MERANTI, Sinkap.info – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kepulauan Meranti Periode 2018-2022 dilantik, Sabtu (21/11), bertempat Gedung Biru Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak – Selatpanjang.

Serah terima jabatan Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Kepulauan Meranti dari Ketua lama Wan Firmansyah kepada Ketua baru Amirlah Jeni

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Bupati Kep. Meranti yang diwakili Staff Ahli Drs. Askandar, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. Wimpiyanto Hardjito, Ketua PD. Muhammadiyah Kepulauan Meranti Drs. Darussamin, Ketua PW. Pemuda Muhammadiyah Riau Firdaus, Ketua KPUD Kepulauan Meranti Abdul Hamid, S.Pd, Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti Romi Indra, SE, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kepulauan Meranti Ustad Dasuki, SH, PD. Aisyiyah Kepulauan Meranti, PD. NA Kepulauan Meranti, IMM Kepulauan Meranti, PD. IPM Meranti, DPD KNPI Kabupaten Kepulaun Meranti, Tapak Suci Kepulauan Meranti, Ketua-ketua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Kepala Sekolah Amal Usaha Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dan turut hadir juga organisasi Pemuda Gereja Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ketua PDPM Kep. Meranti periode 2014-2018 Wan Firmansyah, berharap kepengurusan periode 2018-2022 dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. “Hendaknya Kepengurusan PDPM yang baru ini dapat merealisasikan tujuan Pemuda Muhammadiyah dalam bentuk program-program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat ini,” kata Wan Firmansyah.

Sementara itu, Ketua PDPM terpilih, Amirlah Jeni menyebutkan, dalam kepengurusan saat ini ia akan melanjutkan program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan dan dirintis oleh kepengurusan sebelumnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Pelantikan PDPM Kepulauan Meranti pada hari ini,” jelasnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Riau Firdaus, meminta pengurus agar bisa menjalankan amanah dengan penuh inovasi. Supaya bisa mengasah kreatifitas dalam menjalankan organisasi.

“Jalankan dan gerakkanlah pemuda Muhammadiyah dengan tetap memegang teguh lima pondasi utama. Lima pondasi tersebut yaitu jadikanlah tauhid sebagai landasan pergerakan, berittiba’ kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan utama, menjadikan Pemuda Muhammadiyah sebagai wujud khalifah fil Ardh, dan senantiasa bersyarikat dalam Meneguhkan Solidaritas, Menebar Kebaikan, Mencerahkan Semesta Menuju Meranti Berkemajuan sesuai tema pelantikan,” ucap Firdaus.

Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Staf Ahli Drs. Askandar dalam sambutannya mengucapkan Selamat dan Sukses atas dilantik Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kepulauan Meranti dibawah kepemimpinan Amirlah Jeni semoga amanah dan mampu mengemban tugas organisasi serta kedepannya dapat berkerjasama dengan Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti dalam mewujudkan Visi dan Misi Bupati Kepulauan Meranti. Pemuda Muhammadiyah, sambungnya, merupakan Iron Stock Muhammadiyah. Oleh karena itu, pemuda Muhammadiyah adalah asset berharga serta cadangan generasi penerus Muhammadiyah di masa mendatang.

“Pemuda Muhammadiyah harus senantiasa mengasah potensi diri menjadi lebih baik serta tetap terus membenahi akhlak yang menjadi cerminan diri. Selanjutnya, pemuda Muhammadiyah juga diharapkan dapat merespon hal-hal dan kondisi yang terjadi saat ini, sehingga keberadaan pemuda Muhammadiyah dapat dirasakan oleh warga persyarikatan dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti” katanya menandaskan.

Ketua Panitia Rokimin mengatakan setelah usainya Pelantikan dilanjutkan dengan Diskusi Panel “Peran Pemuda Dalam Pengawasan Partisipatif Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2020 No Hoax, No Isu Sara, Bersih dan Aman” yang pesertanya dari unsur perwakilan organisasi kemasyarakatan pemuda dan kemahasiswaan Se- Kabupaten Kepulauan Meranti.

Rokimin selaku Ketua Panitia menuturkan pemateri Diskusi Panel terdiri dari Ketua KPUD Kepulauan Meranti, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua PWPM Riau, Kapolres Kepulauan Meranti yang diwakili Kasat Intel, Ketua DPD KNPI Meranti yang diwakili Sekretaris DPD KNPI Meranti Wan Firmansyah, dengan harapan diadakan diskusi panel tersebut mampu meningkatkan kepedulian pemuda, mahasiswa dan masyarakat dalam mensukses Pilkada Meranti tahun 2020 No Hoax, No Isu Sara, Aman dan Bersih, tuturnya.

SINKAP.info | Editor: MKh
Facebook Comments

Pjs Bupati Labuhanbatu Kunjung Kerja ke Kantor Camat Bilah Barat

LABUHANBATU, Sinkap.info – Pemerintah wajib hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perhatian dan melayani segala kebutuhan masyarakat. Demikian Ujar Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd. Fitryus kepada seluruh Forkopimca Bilah barat saat melakukan kunjungan kerja ke kantor camat Bilah Barat, Kamis (19/11).

“Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengabdi negara yang menerima gaji dari negara untuk bekerja setulus hati dan ikhlas melayani masyarakat.”

Jangan sampai ada kantor kosong walaupun sedetik, seandainya kepalanya tidak ada di ruangan secepatnya staf segera mengisi kekosongan tersebut, karena kepentingan masyarakat banyak itu tidak bisa diprediksi.” Ucap Fitriyus.

Camat Bilah barat M. Kartadinata sangat mengapresiasi kedatangan Pjs. Bupati Labuhanbatu tersebut, dan berharap bimbingan dan arahan Pjs. Bupati bisa menjadi motivasi sebagai peningkat kinerja seluruh forkopimca Bilahbarat.

Pada acara tersebut Pjs. Bupati Labuhanbatu memberikan bantuan perlengkapan protokol kesehatan berupa Hand Soap, Masker, Hand sanitizer dan Desinfektan.

Di lokasi Pjs. Bupati Labuhanbatu didampingi Asisten I Pemerintahan kabupaten Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga M.Pd, staf ahli Bupati Jumingan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan Forkopimca Bilah barat.

SINKAP.info | Laporan: Fs

Facebook Comments

Pjs Bupati Labuhanbatu Hadiri Acara Baksos Momentum Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan

LABUHANBATU, Sinkap.info – Pjs Bupati Labuhanbatu hadiri Acara Pencanangan Bakti Sosial Momentum Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana Kesehatan tahun 2020 di aula Permata Land Hotel Rantauprapat Selasa, 18/11.

Pjs. Bupati Labuhanbatu yang hadir pada acara tersebut menyebutkan, “kemitraan dengan PKK harus terus ditingkatkan karena gerakan PKK terbukti berperan dalam pembangunan keluarga, khususnya program bangga kencana dan kesehatan” Ujarnya

Berhasilnya program KB akan menjamin pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan daya dukung dan daya tampung yang tersedia. Jumlah anggota keluarga yang besar akan menimbulkan berbagai persoalan seperti pendidikan kesehatan maupun perekonomian keluarga.

Sebagai Ketua TP.PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Retno Fitryus ditempat yang sama dalam sambutannya mengatakan “untuk mewujudkan generasi yang berkualitas tentunya terlebih dahulu diawali dari dalam keluarga, karena dukungan ekonomi dan latar belakang lingkungan juga menjadi faktor utama, dari itu mari kita sukseskan ini semua dari dalam diri kita sendiri dengan mengikuti program Keluarga Berencana (KB), Karena dengan dua anak itu “lebih baik”. ucap Ny. Retno

Sebelumnya kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Lidyawati Harahap M.si, M.Ap menyampaikan kegiatan amal kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan merupakan wujud dari sinergitas kemitraan antara pemerintah dan gerakan PKK dalam melaksanakan program Keluarga berencana dan kesehatan. Bersama OPD BP2KB, Dinas Kesehatan, Dinas PMD serta stakeholder terkait.

Disampaikan Lidya kegiatan momentum PKK Bangga Kencana Kesehatan berlangsung selama 3 bulan sejak Oktober hingga Desember 2020. Untuk mensukseskan program bangga kencana OPD BP2KB juga bermitra dengan TNI melalui bakti sosial manunggal TNI bangga kencana kesehatan yang berlangsung sejak bulan Mei hingga September.

Dalam rangkaian acara tersebut PKK-KB-KES Kabupaten Labuhanbatu memberikan hadiah apresiasi pencapaian MKJP MOP tertinggi, apresiasi kader PKK Kecamatan yang mendukung program bangga kencana, pemberian akta kelahiran, KIA, dan Kartu keluarga Kampung KB Paindoan Kelurahan Rantau Utara

Kegiatan tersebut dihadiri Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd.Fitryus SH.MSP, Ketua TP.PKK Labuhanbatu, Ny.Retno Fitryus, Kasiter Kodim 0209/Lb, Staf Ahli,
Kaban Latbang BKKBN Sumatera Utara Tengku Latahinda M.Pb.dan stakeholder terkait.

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

Lima Korban Tewas, Lakalalintas Truk Tronton dengan Kendaraan di Pematangsiantar

SUMATERA UTARA, Sinkap.info |  Tragis, peristiwa kecelakaan lalu lintas antara Truk Tronton BM 8238 ZU dengan belasan kendaraan, kejadian lakalintas terjadi di Jalan Lintas Umum Pematangsiantar-Perdagangan Km 4,5 Nagori Dolok Marlawan, Kecamatan Siantar, Kamis (19/11) sekira pukul 09.00 WIB.

Kejadian tersebut 5 orang dinyatakan meninggal dunia di TKP, sedangkan beberapa orang lainnya mengalami luka luka.

“Benar ada kejadian kecelakaan lalu lintas, kami sudah di TKP dan sedang mengevakuasi korban dan kendaraan ini. Sementara ini sudah 5 orang meninggal dunia,” kata Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Jodi Indrawan melalui Kanit Laka Lantasnya Ipda Ramadhan Siregar SH, Kamis (19/11) sekira pukul 10.00 WIB.

Informasi dihimpun dari para warga yang disekitar lokasi kejadian menyebutkan awal kejadian diduga berawal saat mobil Truk Tronton yang bermuatan tertutup terpal biru itu datang dari arah Pematangsiantar menuju arah Perdagangan. Setibanya di TKP awal diduga rem Truk blong dan tidak dapat mengendalikan kendaraannya.

Akibatnya, kendaraan yang didepannya satu unit sepeda motor yang dikemudikan pensiunan tentara bermarga Sidabutar yang membonceng para cucunya ditabrak dan melintas mereka. Tidak berhenti disitu Truk kembali menabrak sepeda motor lainnya yang ada didepannya, berlanjut beberapa kendaraan lainnya termasuk mobil angkutan umum dan terakhir menabrak satu unit mobil Fortuner dan sepeda motor, dan bahkan sepeda motornya masuk kolong truk dan terseret.

“Itu truk terakhir berhenti didepan gereja setelah menabrak mobil dan sepedamotor. Dan sepedamotornya masih dikolong mobil bersama kepala korbannya bang. Seram kali kejadian ini bang,” kata warga setempat kepada awak media dilokasi kejadian. (Rls)

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments

Bupati dan DPRD Kepulauan Meranti Tandatangani MoU KUA-PPAS 2021

MERANTI, Sinkap.info – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar rapat paripurna dengan agenda penandatanganan MoU Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2021, di Balai Sidang DPRD, Senin (16/11) malam.

Paripurna dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dihadiri 24 anggota dewan Kepulauan Meranti, dan dipimpin Ketua DPRD Ardiansyah SH MSi, didampingi Wakil Ketua I DPRD H Khalid Ali SE, dan Wakil Ketua II Iskandar Budiman SE.

Dari unsur eksekutif turut hadir Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, Sekda H Kamsol, para Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Inpektur, Kepala Kantor beserta unsur staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Seluruh Anggota DPRD Kepulauan Meranti yang hadir menyetujui MoU Nota Kesepakatan KUA-PPAS tahun anggaran 2021. Nota kesepakatan itu selanjutnya ditandatangani oleh Bupati Irwan dan Ketua DPRD Ardiansyah.

Dalam sambutannya, Bupati Irwan menyampaikan gambaran KUA-PPAS pada APBD tahun anggaran 2021. Total anggaran sebesar Rp 1,139 teriliun lebih, atau turun Rp 214 miliar lebih dari APBD tahun anggaran 2020 yaitu Rp 1,354 teriliun lebih.

“Penurunan ini disebabkan oleh penurunan penerimaan daerah dari sektor pajak daerah akibat pandemi covid-19, dimana hotel-hotel menjadi sepi pengunjung, demikian juga yang terjadi pada rumah-rumah makan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dari sisi belanja pula, sambung Irwan, pada APBD ini adalah sebesar Rp 1,179 teriliun lebih, atau turun Rp 226 miliar lebih dari APBD tahun anggaran 2020 yaitu Rp 1,406 teriliun lebih.

“Semoga tahapan-tahapan selanjutnya dalam penyusunan RAPBD Kabupaten Kepulauan Meranti tahun anggaran 2021 dapat kita lalui dengan baik dan mampu menghasilkan APBD yang berkualitas demi kepentingan masyarakat Kepulauan Meranti,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Ardiansyah menyampaikan terkait Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kepulauan Meranti dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) sisa masa jabatan 2019-2024, yakni Muhammad Khozin MA ke Sopandi SSos.

“Sesuai tata tertib DPRD, maka susunan dan keanggotaan alat kelengkapan dewan disesuaikan kembali dan harus diumumkan dalam rapat paripurna,” ungkapnya.

Adapun susunan nama-nama keanggotaan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti yakni, Ketua Ardiansyah SH MSi, Wakil Ketua H Khalid Ali SE dan Iskandar Budiman SE, Anggota Fauzi Hasan SE, Sopandi SSos, Tengku Mohd Nasir SE, Bobi Hariyadi, Pauzi SE, Dedi Yuhara, Dr Hafizan SAg MPd, Khosairi SHi MPdi, Dr H M Taufikurrahman MSi, Muzamil SM, Dedi Putra SHi, Tengku Zulkenedi Yusuf SE, dan Sekretaris Eri Suhairi SSos.

Susunan nama-nama keanggotan Komisi I, Ketua Pauzi SE, Wakil Ketua Bobi Hariyadi, Sekretaris Al-amin A SHi, Anggota Sopandi SSos, Auzir, Khosairi SHi MPdi, Dr M Tartib SH MSi, Darsini SM, dan Dedi Putra.

SINKAP.info | Slh
Facebook Comments

Jelang Pelantikan, Pemuda Muhammadiyah dan AMM Audiensi Bersama Ketua DPRD Meranti

MERANTI, Sinkap.info Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Ardiansyah, SH, M.Si menyambut baik kehadiran silaturahmi pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Meranti di ruang kerjanya pada Selasa (17/10).

Mengawali audiensi bersama ketua DPRD Meranti, Mukhsin, SE selaku Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Meranti menyampaikan salam dan permohonan maaf Ketua Pemuda Muhammadiyah Meranti yang pada saat ini menjabat sebagai Kepala BRI Teluk Belitung Amirlah Jeni, S.I.Kom belum dapat bersilaturahmi langsung dan melakukan audensi dikarenakan masih melaksanakan dinas diluar kota.

Mukhsin mengatakan Pemuda Muhammadiyah Meranti pada tanggal 21 November 2020 akan melaksanakan Pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah dengan tema “Meneguhkan Solidaritas, Menebar Kebaikan & Mencerahkan Semesta Menuju Meranti Berkemajuan” sekaligus akan melaksanakan diskusi panel “Peran Pemuda Dalam Pengawasan Partisipatif Pilkada yang Bersih, Aman, No Hoax & No Sara” bersempena MILAD MUHAMMADIYAH KE-108 Tahun dan mengingat dalam beberapa minggu lagi akan dilaksanakan Pilkada 2020 di Meranti.

“Semoga dengan kegiatan tersebut dapat memberikan pencerahan kepada pemuda dan masyarakat Meranti akan pentingnya peran pemuda dalam mengawal dan menyukseskan Pilkada di Meranti,” kata Mukhsin.

Sementara, Muslim selaku Bendahara Pemuda Muhammadiyah Meranti juga melaporkan agenda-agenda kegiatan sosial yang sudah terlaksana sebelum pelantikan diantaranya Sosialisasi New Normal dan Pembagian Handsanitezer dan ribuan masker ke pedagang pasar Sandang Pangan Selatpanjang mengingat kepedulian Pemuda Muhammadiyah beserta Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) lainya membantu Pemerintah dalam memutus mata rantai COVID 19 di Meranti.

“Bersempena Sumpah Pemuda tahun 2020 kemaren, Pemuda Muhammadiyah beserta AMM lainnya melakukan kegiatan peduli daerah terisolir di Dusun Bandar Raya Desa Sokop. Kegiatan kita lakukan melaksanakan Upacara Bendera Sumpah Pemuda bersama warga dan siswa Dusun Bandar Raya, sekaligus sosialiasi covid 19 dan pembagian pakaian layak pakai, masker, alat tulis dan buku kepada siswa setempat,” terang Muslim.

Ketua DPRD Kepulauan Meranti Ardiansyah menyambut baik program-program Pemuda Muhammadiyah Meranti kedepannya agar dapat membantu dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam memajukan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sebagai kader Muhammadiyah, Ardiansyah sangat mendukung program sosial Pemuda Muhammadiyah beserta AMM lainnya untuk mewujudkan kepedulian sosial pemuda maupun masyarakat akan pentingnya berbagi dan saling tolong menolong dalam memajukan daerah-daerah terisolir yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti sesuai dengan Hastag Pemuda Muhammadiyah Meranti Berkemajuan.

“Pemuda harus proaktif dan maju dalam melihat peluang yang ada dan bagaimana Visi dan Misi Bupati Kepulauan Meranti bisa terealisasikan dengan baik,” kata Ardiansyah.

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments

Pramuka STAI NH Selatpanjang Gelar Musyawarah Pandega

MERANTI, Sinkap.info | Pramuka STAI Nurul Hidayah Selatpanjang yang tergabung dalam Gugus Depan 01.099.01.100 mengadakan Musyawarah Pandega (Muspan) dalam rangka memilih Ketua Dewan Racana yang baru. Kegiatan yang dirangkai dengan Acara Hari Lahir (Harlah) Racana Hasan K dan Racana Syarifah Kamlah ke 3 tersebut diadakan di Aula STAI Nurul Hidayah Selatpanjang Sabtu (14/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua STAI Nurul Hidayah Selatpanjang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Syukron Darsyah, M.Pd.I, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Rubiana, S.Si., M.Pd, Ketua Dewan Racana Putra dan Putri, perwakilan UKM-UKM yang ada di STAI Nurul Hidayah Selatpanjang serta para anggota Pramuka STAI Nurul Hidayah Selatpanjang.

Menurut Ketua Dewan Racana Putra Ferdian Ariandi, kegiatan Musyawarah Pandega (Muspan) tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memilih Ketua Dewan Racana yang baru sebagai bagian dari amanah Musyawarah Pandega sebelumnya. Ferdian juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai wadah evaluasi kegiatan kepramukaan selama 1 Tahun di STAI Nurul Hidayah Selatpanjang.

Selain Musyawarah Pandega (Muspan), kegiatan juga dirangkai dengan kegiatan Hari Lahir (Harlah) Racana Hasan K dan Syarifah Kamlah ke 3. Prosesi peringatan Hari Lahir Racana tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kamabigus sebagai wujud rasa syukur.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Syukron Darsyah dalam sambutannya berharap agar eksistensi dan keberadaan Racana Hasan K dan Syarifah Kamlah dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“3 Tahun keberadaan Racana Pramuka Hasan K dan Syarifah Kamlah harus terus bisa mewarnai kepramukaan di Tanah Jantan. Apalagi Racana Hasan K dan Racana Syarifah Kamlah merupakan satu-satunya Racana yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti”. Ujar Syukron.

Menurut Syukron Darsyah, Kegiatan kepramukaan di perguruan tinggi lebih mengedepankan pengembangan dan penguatan potensi mahasiswa dan pembentukan karakter bangsa. Oleh karena itu, kegiatan yang akan dilaksanakan harus berorientasi pada hal tersebut.

Kegiatan Musyawarah Pandega (Muspan) dilaksanakan dengan mendengarkan Laporan Pertanggung jawaban Dewan Racana sebelumnya dan sidang-sidang pleno. Terpilih menjadi Ketua Dewan Racana Putra Eko Darmawan dan Siti Emelia sebagai Ketua Dewan Racana Putri.

Kegiatan Musyawarah Pandega (Muspan) dan peringatan Hari Lahir (Harlah) Racana Hasan K dan Syarifah Kamlah STAI Nurul Hidayah Selatpanjang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. (Rls)

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments

Ketua Forum Perjuangan Sulawesi Timur Tarik Dukungan dari Winstar

BANGGAI, Sinkap.info – Ketua Forum Perjuangan Sulawesi Timur, Hasrin Rahim, SH, MH kembali membuat pernyataan yang mengejutkan publik atas sikap dan dukungan politiknya pada Pilkada 2020 Kabupaten Banggai dengan menarik dukungannya dari paslon no urut 3 winstar.

Sebelumnya, dimuat pada salah satu media online bahwa dirinya memberikan dukungan politiknya kepada paslon petahana, yaitu pasangan Herwin-Mustar. Dalam pemberitaan itu dirinya juga menghimbau agar segenap pengurus organisasi yang dipimpinnya tersebut bisa seirama dengan sikap dan dukungan politiknya pada Pilkada 2020 ini.

Melalui pesan Whatsapp pribadi kepada medi Sinkap.info, dirinya menjelaskan menarik kembali pernyataan dukungan tersebut dengan alasan bahwa setelah mencermati keinginan masyarakat Kabupaten Banggai yang pada umumnya menginginkan perubahan kepemimpinan di kabupaten Banggai, atas dasar itulah dirinya pada pilkada kali ini tidak akan mendukung petahana.

“Saya melihat ada kecendrungan masyarakat kabupaten Banggai menghendaki sebuah pergantian kepemimpinan, ada arus bawah yg kuat menginginkan  adanya kepemimpinan baru di Kabupaten Banggai,” jelasnya.

Sebagai putra asli Kabupaten Banggai yang saat ini bermukim di Jakarta melihat tingkat pembangunan di Kabupaten Banggai sangatlah lambat, serta kepuasan masyarakat selama pemerintahan Winstar sangat rendah, olehnya itu dirinya meminta seluruh aparat pemerintah terutama para camat, lurah dan kades agar tidak memaksa dan memasung hak demokrasi rakyat.

“Jangan paksa mereka untuk memilih incumbent apalagi dengan cara membodohi rakyat bahwa bantuan-bantuan pemerintah itu adalah dari petahana, biarkan rakyat yang berdaulat untuk memilih pilihannya,” tegasnya.

Dirinya berharap, pada pilkada tahun 2020 ini kabupaten Banggai akan melahirkan Bupati baru, yang mampu membawa kesejahteraan dan kemajuan yang sesungguhnya bagi kabupaten Banggai.

“Semoga bupati baru yang terpilih nanti, akan lebih baik lagi dan mampu mensejahterakan rakyat bukan dengan sekeder pencitraan,” tutupnya.

SINKAP.info | Laporan: MRm

 

Facebook Comments

PWI Pusat Tegaskan Kepada Wartawan Untuk Jaga Independensi dalam Pilkada

JAKARTA, Sinkap.info – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali menegaskan kepada wartawan dan anggotanya untuk menjaga independensi dalam Pilkada 2020.

Apabila wartawan menjadi tim sukses pasangan calon atau terlibat aktif membantu maka wajib nonaktif dari profesinya sebagai wartawan dan keluar kalau duduk sebagai pengurus PWI.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari melalui surat edaran yang juga ditandatangani Sekjen PWI Pusat Mirza Zuhaldi dan Ketua Bidang Organisasis PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh dalam surat dengan nomor 1010/PWI-P/LXXIV/2020.

Dalam surat itu dirinya mengaku PWI saat ini mendapat banyak laporan tentang keterlibatan wartawan termasuk pengurus wilayah PWI yang mendukung calon tertentu di beberapa daerah.

“Sebagaimana diatur dalam Peraturan Dasar PWI Pasal 1 Ayat (3) menyatakan PWI adalah organisasi wartawan Indonesia independen dan professional tanpa membedakan suku, agama, dan golongan maupun keanggotaan organisasi politik dan kemasyarakatan,” ujar Atal S Depari, Kamis, (12/11/2020).

Atal pun menegaskan pengurus PWI Pusat tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi keras dan tegas, apabila ada anggotanya baik wartawan maupun pengurus yang melanggar dasar dan peringatan tersebut.

“Kode Perilaku Wartawan Pasal 5 secara tegas mengatakan wartawan dilarang melakukan hal tercela yakni perbuatan yang dapat merendahkan marwah, harkat, martabat, dan integritas profesi wartawan,” kata Atal.

Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi menambahkan, bagi anggota dan Pengurus PWI dari tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat yang melanggar segala peraturan maka akan menerima sanksi tegas. Mereka harus memilih menjadi wartawan atau tim sukses calon.

“Apabila wartawan terlibat sebagai tim sukses maka mereka telah melanggar Peraturan Dasar PWI terutama Pasal 8 Ayat (C) yang berbunyi anggota PWI berkewajiban menjaga kredibilitas dan integritas profesi serta organisasi. Serta melanggar Kode Etik Jurnalis (KEJ) Pasal1,” ujar Mirza.

Mirza melanjutkan sesuai PD/PRT PWI pengurus PWI yang bertindak sebagai tim sukses dengan aktif membantu kemenangan pasangan calon tertentu maka harus mengundurkan diri.

“Wartawan harus menunjukkan profesionalitas tinggi dalam tugasnya,” tambah Mirza.

SINKAP.info | HumasPWIPusat

Facebook Comments

Pjs Bupati Labuhanbatu Beserta Rombongan Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kantor Camat Pangkatan

LABUHANBATU, Sinkap.info – Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd. Fitryus Beserta Rombongan lakukan kunjungan kerja ke kantor Camat Pangkatan Kamis, (12/11).

Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd. Fitryus mengatakan dalam sambutannya Kepada aparatur pemerintah kabupaten Labuhanbatu ayo tulus dan ikhlas menjalankan tugas kita melayani masyarakat, karena melayani masyarakat adalah tugas kita dan itu sudah ada dalam sumpah jabatan ketika kita dilantik menjadi pejabat, dari itu janganlah merasa bosan dengan setiap tugas kita.

“Terlebih saat ini kita dihadapkan dengan tanggung jawab besar menghadapi pilkada mendatang, tugas kita untuk mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS memilih calon Bupati dan Wakil Bupati dengan damai.” ucapnya.

Kemudian dengan nada selaras beliau juga menyampaikan pesan “Sampaikan kepada masyarakat bahwa suara kita menentukan masa depan pembangunan di daerah kita, jangan golput, karena golput bukan ciri masyarakat yang baik”,

“Dan perlu kita ingat, pilkada kali ini berbeda dengan yang lalu, kali ini kita dihadapkan dengan pandemi Covid-19, yang pastinya kita laksanakan itu harus tetap mengikuti protokol kesehatan.” Tegas Fitryus.

“Kepala Desa adalah tonggak pembangunan yang lebih dekat dengan masyarakat, peran kepala desa sangatlah dibutuhkan untuk menyampaikan, membina dan menata masyarakat hingga ke pelosok desa, maka dari itu janganlah pernah merasa malas dan enggan melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang semestinya diselesaikan.” tegas Pjs Bupati.

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

Pjs Labuhanbatu Bagi 1000 Masker Pada Masyarakat Pengunjung dan Pedagang

LABUHANBATU, Sinkap.info – Pjs. Bupati Labuhanbatu Drs.H.Mhd Fitryus SH.MSP membagikan 1000 masker kepada masyarakat pengunjung dan para pedagang di seputaran kota Negeri lama Kecamatan Bilah hilir Kamis, 12/11.

Kepada pedagang makanan Pjs. Bupati Labuhanbatu berpesan untuk selalu mengutamakan kesehatan konsumennya dari penyebaran virus Corona Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, serta selalu menginginkan masyarakat Labuhanbatu selalu tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Usai membagikan masker, Pjs. Bupati selanjutnya menyerahkan bantuan berupa Masker Kain 600 Pcs, Face Shield 50 Pcs, Hand Sanitizer 5 liter, Hand Soap 5 liter kekantor Camat Bilah hilir yang diterima langsung oleh Camat Bilah hilir Bangun Siregar dan disaksikan oleh Muspica Kecamatan Bilah hilir.

Di hadapan para Muspika Pjs. Bupati Berpesan untuk selalu mengingatkan masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19. Selain itu Drs.Fitryus juga menghimbau Muspika untuk mensosialisasikan Pilkada damai pada 9 Desember mendatang. Karena pada dasarnya kita bersaudara.

Sebelumnya Camat Bilah hilir Bangun Siregar mengucapkan selamat datang di Kecamatan Bilah hilir, menurut Bangun bahwa Kecamatan Bilah hilir terdiri dari 11 desa dan dua kelurahan yang saat ini berkat kerjasama Muspica dalam keadaan kondusif menjelang Pilkada.

Selain Pjs. Bupati Labuhanbatu, hadir pada giat tersebut, Asisten I pemerintahan Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga.M.Pd, Sekjen Pol PP Arifin Rambe, Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Jumingan, Kapolsek Bilahilir AKP H.A.Lubis, Bhabinsa Bilah hilir Peltu Muhammad Hakim, Camat Bilah hilir Bangun Siregar, Kepala Puskesmas Bilah hilir Sukiyem, Kepala puskesmas Tanjung Haloban Suprapto, Kepala Desa dan Lurah se-kecamatan Bilah Hilir.

SINKAP.info | Laporan: Fs
Facebook Comments

Translate »