Silaturahmi dengan Tim Binfungtaswilnas Mabes TNI, Wabup Bengkalis Sampaikan Kondisi Abrasi

Bengkalis, Dumai323 Dilihat

DUMAI, SINKAP.info – Kodim 0303 Bengkalis menggelar ramah tamah silaturahmi bersama Tim Ster Mabes TNI dalam rangka Pembinaan Fungsi Perbatasan Wilayah Nasional (Binfungtaswilnas), di Kota Dumai, Senin, 6/5.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, menghadiri ramah tamah bersama Paban VI/Taswilnas Ster TNI OpslaK olonel Laut (P), Arief Budiman, M.Tr.

Turut juga Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla., M.M, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, beserta para perwira Kodim 0303 Bengkalis.

Ramah tamah ini digelar sebelum dilaksanakan Pelepasan serta Pemberian Bansos kepada Masyarakat Rupat, di Mako Lanal Dumai dan dilanjutkan menuju Pulau Rupat, yang akan berlangsung pada Selasa, 7/5.

“Terima kasih kami ucapkan atas Bantuan Sosial yang disalurkan. Semoga kedepan kita dapat terus menjalankan kerjasama yang lebih baik lagi terutama dalam menjaga kedaulatan NKRI khusus di wilayah perbatasan di Kabupaten Bengkalis,” ujar Wabup Bagus Santoso.

Dalam ramah tamah itu, Wabup juga menjelaskan bahwa NKRI saat ini perlu dijaga bukan hanya dari hal penjajahan negara asing maupun obat-obatan terlarang dari luar negara, tetapi juga tentang kondisi abrasi yang setiap waktu terus mengikis tanah, khususnya pesisir Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

“Tentu kondisi seperti ini akan memperkecil luas wilayah jika tidak dibantu oleh Pemerintah Pusat. Karena kami di daerah, memiliki keterbatasan anggaran untuk menanganinya,” ujar Wabup.

Wabup menilai, alternatif dalam menangani abrasi ini tidak mampu dilakukan dengan cara menanam mangrove, tetapi perlu dibangun batu-batu pemecah ombak yang anggarannya tidak sedikit.

Terkait hal itu Paban VI/Taswilnas Ster TNI Opsla Kolonel Laut (P), Arief Budiman, M.Tr, mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan dan akan menindaklanjuti permasalahan tersebut, agar dapat ditangani oleh Pemerintah Pusat.

“Memang kita saat ini juga berfokus menjaga keutuhan tanah air NKRI yang semakin berkurang akibat abrasi. Karena jika berkurang maka koordinator wilayah akan berkurang dan batas negara juga mempengaruhi hal tersebut. Kita tidak akan berdiam diri dan hal ini akan kita tindaklanjuti,” ujar Paban VI/Taswilnas Ster TNI Opsla Kolonel Laut (P), Arief Budiman, M.Tr.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga berkesempatan memberikan cinderamata berupa poster ikan terubuk, khas Bengkalis kepada Paban VI/Taswilnas Ster TNI Opsla Kolonel Laut (P), Arief Budiman, M.Tr.

 SINKAP.info | Redaksi

Komentar