Pj. Wako Tebing Tinggi Paparan Evaluasi Kinerja Kepala Daerah TW. IV Kepada Mendagri

Tebing tinggi295 Dilihat

TEBING TINGGI, SINKAP.Info – Para Penjabat (Pj.) Kepala Daerah menghadiri evaluasi kinerja Tri Wulan IV termasuk Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si yang berlangsung Rabu (15/05) di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri dalam menyampaikan capaian kinerja untuk bulan April dan Mei 2024 secara berkala.

Evaluasi ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota. Dalam evaluasi tersebut, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi mengungkapkan rasa syukur atas hasil evaluasi kinerja yang telah diterima dengan baik oleh Tim Evaluator dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Dalam paparannya, capaian kinerja yang telah dilakukan pada 10 indikator dan langkah konkritnya. Yakni inflasi, stunting, BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), layanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan dan yang terakhir perizinan.

“bulan maret inflasi Tebing Tinggi sebesar 0,61 persen dan April 2,98 persen Tahun 2024, prevalensi balita stunting sebesar 19,60 persen dan tahun sebelumnya turun signifikan yaitu sebesar 10,40 persen,” Paparnya.

Lanjutnya, Kota Tebing Tinggi memiliki 2 BUMD sehat, PDAM Tirta Bulian dan PT. Bank Sumut, Kota Tebing Tinggi tidak memiliki BUMD yang tidak sehat. Lalu pelayanan publik, salah satunya melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). Lalu Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Tebing Tinggi pada tahun 2023 sebesar 6,24 persen.

“untuk kemiskinan ekstrem berdasarkan data di lima Kecamatan dan 35 Kelurahan di Kota Tebing Tinggi Per 31 Maret 2024 terdapat 12.294 jiwa penduduk miskin di Kota Tebing Tinggi, lalu kesehatan sebanyak 752 tenaga kesehatan dan 1.030 sarana prasana kesehatan ” ungkap Pj. Wali Kota.

Masih paparannya, penyerapan anggaran bahwa dalam optimalisasi pelaksanaan program dan kegiatan APBD Kota Tebing Tinggi, telah disampaikan kepada SKPD surat edaran tentang hal tersebut. mengumumkan rencana umum pengadaan barang/jasa dan menyusun rencana/target penyerapan anggaran.

Selanjutya, kegiatan unggulan Wisata Kampung di Kecamatan Bajenis, Kuliner Pasar Kreatif untuk dukungan melalui kegiatan dan pembangunan sarana prasarana di lokasi, dukungan dalam mencari investor untuk kemajuan inovasi ini kedepannya. Dan terakhir Jumlah perizinan yang telah ditetapkan periode 1 Januari sampai 31 Maret 2024, NIB sebanyak 1.443 dan jumlah proyek 1.997.

Turut mendampingi, Pj. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Musyid, S.H, M.M, Kepala Bappeda Erwin Suheri Damanik, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Dr. Marimbun Marpaung, S.P, M.Si, Kepala BPBD Tora Daeng Masaro, ST., M.Si., Kadis PUPR Reza Aghista, ST., M.Si., Kadis Perkimtah Chairun Nasrin Nasution, ST., Plt. Kaban Kesbangpol Abdul Halim Purba, S.STP., M.Si., Plt. Kadis Lingkungan Hidup Dr. H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqi, MM, M.Si, serta OPD yang lain.

SINKAP.info | Laporan: Saptha N Isa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *