Peran Alumni Unair Menuju Indonesia Maju 2034

Opini717 Dilihat

Oleh : Dr. Bakhrul Khair Amal
Penulis adalah Ketua Pengurus Wilayah Sumataera Utara Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Airlangga (UNAIR).

Alumni Universitas Airlangga (Unair) memiliki peran penting dalam membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang, yaitu Indonesia Maju 2034. Dengan berbagai keahlian dan pengalaman yang dimiliki, alumni Unair dapat berkontribusi dalam berbagai bidang untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Berikut adalah beberapa peran penting alumni Unair:

1. Bidang Pendidikan:
Meningkatkan kualitas pendidikan : Alumni Unair dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menjadi guru, dosen, kepala sekolah, atau pembuat konten edukasi.
Mengembangkan inovasi pendidikan : Alumni Unair dapat mengembangkan inovasi pendidikan, seperti teknologi pembelajaran baru, metode pengajaran yang lebih efektif, dan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman.
Memperkuat karakter generasi muda: Alumni Unair dapat membantu memperkuat karakter generasi muda Indonesia dengan menanamkan nilai-nilai moral, etika, dan kebangsaan.

2. Bidang Penelitian dan Pengembangan:
Melakukan penelitian dan pengembangan di berbagai bidang: Alumni Unair dapat melakukan penelitian dan pengembangan di berbagai bidang, seperti sains, teknologi, kesehatan, dan sosial humaniora.
Menciptakan produk-produk inovatif: Alumni Unair dapat menciptakan produk-produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.
Membantu meningkatkan daya saing bangsa: Alumni Unair dapat membantu meningkatkan daya saing bangsa dengan menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan berstandar internasional.

3. Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan:
Membangun usaha dan menciptakan lapangan kerja: Alumni Unair dapat membangun usaha dan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Meningkatkan daya saing UMKM: Alumni Unair dapat membantu meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan.
Mengembangkan ekonomi kreatif: Alumni Unair dapat mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia dengan menciptakan produk-produk kreatif dan inovatif.

4. Bidang Politik dan Kepemimpinan:
Menjadi pemimpin yang berkualitas: Alumni Unair dapat menjadi pemimpin yang berkualitas di berbagai bidang, seperti pemerintahan, politik, dan organisasi masyarakat sipil.
Membangun demokrasi yang kuat: Alumni Unair dapat membantu membangun demokrasi yang kuat di Indonesia dengan terlibat dalam proses politik dan memperjuangkan nilai-nilai demokrasi.
Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa: Alumni Unair dapat membantu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mempromosikan toleransi dan saling menghormati antarumat beragama.

5. Bidang Sosial dan Budaya:
Membantu menyelesaikan masalah sosial: Alumni Unair dapat membantu menyelesaikan masalah sosial di Indonesia, seperti kemiskinan, kelaparan, dan stunting.

Melestarikan budaya bangsa: Alumni Unair dapat membantu melestarikan budaya bangsa dengan melakukan penelitian, dokumentasi, dan edukasi tentang budaya Indonesia.

Membangun masyarakat yang inklusif: Alumni Unair dapat membantu membangun masyarakat yang inklusif dengan memperjuangkan hak-hak kelompok marjinal dan minoritas.

Selain peran-peran di atas, alumni Unair juga dapat berkontribusi dalam berbagai bidang lainnya, seperti lingkungan hidup, kesehatan, dan teknologi informasi.

Dengan bersinergi dan bekerja sama, alumni Unair dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan Indonesia Maju 2034.
Berikut adalah beberapa contoh konkret bagaimana alumni Unair telah berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Maju:
Prof. Dr. Ir. Mochammad Rachmat Djumali, M.Sc., alumni Fakultas Teknik Unair, merupakan penemu teknologi padi varietas Pandan Wangi yang tahan hama dan penyakit.
Dr. Ir. H. Yohanes Surya Surya, M.Eng., alumni Fakultas Teknik Unair, merupakan pendiri PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
Dr. Soetomo Prawiro, M.D., alumni Fakultas Kedokteran Unair, merupakan pendiri organisasi Budi Utomo dan pelopor pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Alumni Unair memiliki peran yang sangat penting dalam membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang, yaitu Indonesia Maju 2034. Dengan berbagai keahlian dan pengalaman yang dimiliki, alumni Unair dapat berkontribusi dalam berbagai bidang untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

 SINKAP.info | Dewan Pakar SINKAP.info

Komentar