Hadiri Rakor Kades se-Provinsi Riau, Plt Bupati Asmar: Mari Kompak Majukan Desa

PEKANBARU, SINKAP.info – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kepala desa (Kades) se-Provinsi Riau di Ballroom Labersa Hotel Pekanbaru, Jumat (3/5).

Rakor tersebut dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar beserta Bupati/Walikota diikuti Kepala Dinas Pemberdayaan Desa, camat, lurah, dan Badan Pemberdayaan Desa (BPD) se-Provinsi Riau.

Dalam Rakor itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian melalui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Dr. Drs La Ode Ahmad P Bolombo menyampaikan pengarahan.

Diantara arahan yang diberikan La Ode, adalah pemerintah desa harus menjamin pelayanan dasar berjalan dengan baik dan maksimal.

Dia juga mengingatkan pentingnya kerja sama antardesa agar tidak hanya satu desa yang maju, melainkan banyak desa yang akan maju bersama-sama.

Senada dengan hal itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar menyebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah mengambil peran sangat strategis dalam upaya membangun dan memajukan desa di Kepulauan Meranti.

“Peran pemkab sangat strategis bagi pembangunan desa, jelas sekali bahwa pemkab Meranti mempunyai tujuan untuk mengembangkan daerah pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dan dukungan kegiatan ekonomi yang tujuannya tak lain untuk memajukan daerah pedesaan,” jelasnya.

MENARIK DIBACA:  Tim Gabungan Pemadam Karhutla Berhasil Jinakkan Api

Plt Bupati Asmar juga mengajak seluruh pihak, mulai dari Forkopimda hingga masyarakat untuk bersinergi dan kompak dalam membangun dan memajukan pedesaan.

“Mari kompak majukan desa dan terus berbenah untuk menjadikan desa kita unggul, agamis dan sejahtera,” pesannya.

Dalam rakor tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan bantuan berupa dua unit sepeda motor untuk setiap desa. Total ada 3.182 unit sepeda motor yang disalurkan bagi 1.591 desa yang diserahkan secara simbolis oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr Drs La Ode Ahmad P. Bolombo dan Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto kepada perwakilan kades dari 10 kabupaten se-Riau.

Bantuan dana untuk pembelian kendaraan operasional tersebut bersumber dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) APBD Riau 2024. Pengadaan kendaraan tersebut, langsung dilakukan oleh masing-masing pemerintah desa.

“Tahun ini Pemprov Riau memberikan anggaran untuk pembelian kendaraan operasional bagi desa. Total anggarannya Rp45 juta per desa untuk pembelian dua unit sepeda motor,” ujar Pj Gubri.

MENARIK DIBACA:  Tanah Bukhari Tersepit PT. Aneka Inti Persada, Besok Mustafa Bawa Dr. Elviriadi ke Tualang Siak

“Jadi sepeda motornya nanti ada dua, satu untuk kepala desa dan satu untuk BPD. Mereka yang akan membeli sendiri kendaraannya, tidak difasilitasi oleh Pemprov maupun Pemkab,” tambahnya.

Pj Gubri menyebut, sepeda motor tersebut sebagai kendaraan operasional untuk kepala desa dan BPD keliling desa mengecek warga kondisi warganya.

“Selama ini kepala desa dan BPD ini tidak memiliki kendaraan operasional. Jadi kedepan kepala desa di Riau sudah punya sepeda motor,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubri SF Hariyanto turut menyerahkan penghargaan kepada beberapa desa yang berprestasi di bidang pembangunan desa dan penurunan stunting.

Turut mendampingi Plt Bupati Kepulauan Meranti, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat M Mahdi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Asrorudin, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Agustia Widodo, Kabag Umum Setdakab Tarmizi, Kabid IKP Diskominfotik Dody Hamdani, dan Kasubbag Prokopim Saputra Warisa.

 SINKAP.info | Laporan: Satria K

Komentar