Film Dokumenter “Shopee Rai Lokal” Tayang Perdana di Shopee Super Awards 2023

Kisah Tiga Penjual Lokal yang Berhasil Mencapai Kesuksesan di Bidang e-Commerce

Ekonomi, GLOBAL850 Dilihat

MALAYSIA, SINKAP.info – Film dokumenter inovatif “Shopee Rai Lokal” ditayangkan perdana hari ini di Shopee Super Awards 2023, yang diadakan di Majestic Hotel di Kuala Lumpur. Film ini mengikuti kisah tiga penjual lokal yang berhasil mendobrak hambatan dan meraih kesuksesan di bidang e-commerce.

“Film ini adalah surat cinta untuk pengusaha Malaysia,” kata Head of Marketing Shopee, Kenneth Soh. “Kami ingin mengingatkan masyarakat Malaysia yang membeli produk lokal bahwa di balik etalase online, terdapat banyak orang dan komunitas yang didukung oleh penjual kami; film dokumenter ini merupakan bukti kecerdasan, ketahanan, dan nilai-nilai mereka.”

“Shopee Rai Lokal” adalah gambaran yang menginspirasi dan menggugah pikiran tentang tantangan dan keberhasilan para penjual dalam perjalanan mereka menemukan pasar online. Film ini menampilkan wawancara dengan Edward Wong dari HomeDecoStore, Felicia Tan dari Mamami Shoppe, dan Mohd Zaid dari Lampu Cherita Mereka berbagi kisah pribadi dalam mengatasi hambatan, memulai dari yang kecil, dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan di bidangnya masing-masing.

Film dokumenter pertama Shopee di Malaysia ini diproduksi bekerja sama dengan Khairil M. Bahar, seorang pembuat film indie pemenang penghargaan yang dikenal dengan Ciplak (2006), Relationship Status (2012), Cuak (2014) dan Kickflip (2020). Karyanya telah ditampilkan di berbagai festival film, televisi, dan jaringan streaming.

“Dengan membagikan film dokumenter ini, kami berharap dapat menginspirasi orang lain untuk meraih impian mereka secara online. Kami juga memudahkan masyarakat Malaysia untuk berbelanja lokal dengan menyoroti penjual bintang super dan mengabadikan kisah mereka,” kata Soh.

Shopee Super Awards 2023 adalah penghargaan industri e-commerce besar yang diadakan setiap tahun di Kuala Lumpur yang membuktikan hubungan saling menguntungkan antara komunitas online yang mendorong inklusi ekonomi pada e-commerce dan peran Shopee dalam mewujudkan hal tersebut. Acara yang dihadiri oleh Ainul Aishah, Ceddy Ang, Dato’ Jovian, Dato’ Siti Nurhaliza, Dolla, Neelofa, Nuex Rosli, Zoey Rahman, dan banyak lagi, merayakan pencapaian 100 merek tercinta, penjual lokal, dan talenta luar biasa yang mencapai prestasi luar biasa. pertumbuhan penjualan online.

Para pemenang penghargaan unggul dalam bidang e-commerce dengan secara konsisten mengambil bagian dalam program peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh Shopee: mengikuti kursus gratis di Universitas Shopee, membangun jaringan di Shopee Seller Summit, memanfaatkan Solusi Pemasaran Shopee, berpartisipasi dalam kelas master KOL pendidikan gratis, bertukar ide di Rumah Shopee, dan mengembangkan bisnis mereka merek pribadi melalui Shopee Live.

Edward Wong, pendiri HomeDecoStore, menemukan panggilan kewirausahaannya di Shopee setelah terpaksa melepaskan pekerjaannya sebagai instruktur penerbangan karena pandemi. Mengajar sendiri cara mengoperasikan semua aspek startupnya, ia menjelajahi berbagai usaha online sebelum menemukan peluang unik ketika ia berkolaborasi dengan Asisten E-commerce-nya, Asmanissa Kamaruzaman: sejadah mini (sajadah). Keterlibatan pelanggan Edward di Shopee Live melampaui batasan budaya, memungkinkan dia untuk mengintegrasikan preferensi pelanggan ke dalam desain sejadahnya dengan mulus dengan tetap menghormati kepekaan agama. HDS Sejadah Muka menjadi produk terlaris HomeDecoStore, pembelian grosir hingga 10.000 lembar dalam dua hingga tiga minggu, untuk acara-acara khusus seperti kenduri (perjamuan/pesta). Bagi Edward, sajadah ini melambangkan apresiasi terhadap keragaman budaya dan tradisi Malaysia.

“Saya ingin menyoroti fakta bahwa para lulusan muda telah melakukan yang terbaik untuk mempertaruhkan karir jangka panjang kita pada kekuatan pemasaran online. Namun, kita masih merupakan kategori penjual yang kurang dihargai dibandingkan dengan perusahaan multinasional yang lebih terkenal. Saya harap kita bisa memicu perbincangan yang lebih luas tentang bagaimana rasanya memiliki pengusaha lokal yang terwakili di depan kamera. Perjalanan setiap orang sama pentingnya dengan tujuan akhir; kita perlu menikmati perjalanan ini dan beradaptasi jika terjadi sesuatu di sepanjang perjalanan. Dukungan dan pengakuan yang kami terima di Shopee benar-benar berharga, karena rata-rata pesanan massal kami berkisar antara 200 hingga 300 buah, dan kami menjual sekitar 1.000 buah dalam seminggu. Keberhasilan ini merupakan bukti kerja keras dan dedikasi tim kami,” kata Edward Wong, pendiri HomeDecoStore.

Pada tahun 2008, Mamami Shoppe resmi didirikan sebagai penghormatan kepada ibu Felicia Tan yang akrab disapa “Mama” yang menanamkan apresiasi mendalam terhadap hidup sehat dalam keluarga. Terinspirasi oleh ajaran Mama, Felicia memulai misi untuk membagikan gaya hidup sehat ini kepada masyarakat luas. Peluncuran Mamami Shoppe ke dalam e-commerce pada tahun 2017 menandai tonggak penting dalam perjalanannya. Dengan hadir di Shopee, perusahaan memperoleh akses ke khalayak yang lebih luas, sehingga memungkinkannya terhubung dengan konsumen yang sadar akan kesehatan di seluruh Malaysia. Lintasan pertumbuhan perusahaan semakin didorong oleh rekomendasi positif dari mulut ke mulut dari basis pelanggan setianya. Saat ini, Mamami Shoppe mempekerjakan lebih dari 50% perempuan dan telah memberikan dampak positif terhadap penghidupan sekitar 30 penduduk setempat, 20 pedagang lokal, dan tanggungan mereka.

“Dalam masyarakat saat ini, sangat jarang ada tiga penjual di lingkungan sekitar yang berbincang, bukan? Saya merasa sangat beruntung memiliki tim yang cerdas secara emosional dari Shopee yang datang dan dengan tulus mengungkap perjalanan kami dalam transisi dari tradisional ke digital… Kami tidak melakukan apa pun. Kami hanya berjalan menyusuri lorong dan mereka menemukan permata kami.” kata Felicia Tan, pendiri sekaligus pemilik Mamami Shoppe.

“Saya bersyukur didukung oleh keluarga yang penuh kasih, yang memungkinkan saya mengembangkan bisnis yang dimulai dari rumah dan kantor saat saya bergulat dengan tarian halus dalam menyeimbangkan tuntutan bisnis dan ikatan keluarga. Saat ini, kami telah berkembang menjadi memiliki lebih dari enam gudang, dan harapan kami adalah kami dapat terus memperluas sentuhan nutrisi kami ke cakrawala baru di Amerika Latin dan Timur Tengah di masa depan,” tambah Felicia.

Setelah sembilan tahun mencari panggilan sejatinya, Mohd Zaid dari Lampu Cherita dengan berani bangkit setelah beberapa kali gagal memulai bisnis online ketika ia menemukan kecintaannya pada pembuatan lilin. Berdasarkan pengamatannya bahwa masyarakat Malaysia menghabiskan ratusan ringgit untuk membeli wewangian, dan tidak ada pilihan yang benar-benar terjangkau di pasar untuk orang-orang seperti dia, ia mendirikan Lampu Cherita. Dengan dukungan keluarga dan dua staf paruh waktu, ia dengan cermat menuangkan dan membuat 50 hingga 100 lilin setiap hari dari operasi rumahnya di Kajang. Meskipun kehilangan inventaris berharga karena banjir dan kendala keuangan yang memaksanya untuk beroperasi dari rumah, Mohd Zaid tetap tidak terpengaruh, berinteraksi dengan pelanggannya di Shopee, mengumpulkan masukan, dan menerima pesanan yang dipersonalisasi di Shopee Live. Selain menjalankan bisnisnya, ia aktif melibatkan dan mendukung penjual lain sebagai anggota Shopee Bintang.

“Ini adalah kekuatan dari bercerita. Saya telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk mencari tahu berapa banyak bisnis berbeda yang gagal ketika saya berada di Astro sebelum akhirnya saya menemukan pasar online saya dengan lilin. Saya pernah mengalami hujan badai yang membanjiri inventaris saya dan mematikan lampu. dari tabungan saya. Saya tahu apa artinya menggunakan siaran langsung dan bercerita secara online untuk melewati masa-masa sulit. Impian saya adalah setiap rumah di Malaysia akan dipenuhi dengan aroma lilin Lampu Cherita,” kata Mohd Zaid, pendiri Lampu Cherita.

Shopee Rai Lokal adalah bagian dari serangkaian kisah autentik yang diceritakan di seluruh saluran untuk menyoroti penjual lokal dan meningkatkan kesadaran untuk membeli produk lokal. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Shopee untuk mendorong inklusi yang lebih besar di pasar dan menggunakan teknologi untuk membantu membangun komunitas.