Tembus Hutan Mangrove Sarang Ular Bakau, Polsek Bengkalis Konsisten Lakukan Cooling System Pemilu Damai

Bengkalis151 Dilihat

BENGKALIS, SINKAP.info – Meskipun harus menembus hutan mangrove yang konon banyak bersarang ular bakau, hal tak sedikitpun menyurutkan langkah konsisten Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, S.H untuk terus melakukan Cooling System yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat di wilayah hukumnya, menjelang Pemilu Damai tahun 2024 mendatang

Demikian seperti pantauan media ini pada Rabu (28/12), terlihat Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, S.H didampingi Kanit Patroli Aiptu Dodik Darmanto, Bhabinkamtibmas Desa Kelapapati Laut Aiptu Ronal bersama Pelestari Mangrove Syamsul Bahri (54) dan rekannya Rio Fernandes, terlihat bersemangat menyusuri dan menembuas jalan setapak di hutan Mangrove Paret Segagah Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, sekitar pukul 11.30 WIB.

Polisi Sektor (Polsek) Bengkalis, Polres Bengkalis terus gencar dan tak kenal lelah menyapa warganya, demi mewujudkan arahan Presiden dan Kapolri agar Pemilu berlangsung aman dan damai, harmonisasi antar warga dapat terjaga dengan baik.

Dengan berjalan kaki, tim Polsek Bengkalis yang membawa misi Cooling System itu menyusuri langkah demi langkah, tapak demi tapak di jalan yang masih berkonstruksi tanah, walau dalam kondisi berlumpur dan licin, tersebah selesai diguyur hujan, demikian tak menyurut semangat tim Polsek Bengkalis menembus hutan Mangrove yang juga beresiko terdapat komunitas ular bakau, sebagai salah satu jenis ular paling berbisa di pesisir pantai Bengkalis.

Giat turun menyambangi warga masyarakat yang berada di sekitar hutan Mangrove di Desa Kelapapati Laut RT.003 RW.006, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau ini dipimpin langsung Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, S.H., Kanit Patroli Aiptu Dodik Darmanto, Bhabinkamtibmas Desa Kelapapati Laut Aiptu Ronal.

Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit menembus jalan licin dan tetap waspada akan keberadaan ular penghuni tanaman Mangrove yang dilestarikan warga sekitar, tim akhirnya sampai juga menyambangi warga pelestari tanaman bakau.

Rio Fernandes dan Syamsul Bahri yang merupakan pelestari dan penjaga tanaman Mangrove (sebagai penangkal abrasi) di sekitar bibir pantai di Pulau Bengkalis, sangat antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di jajaran Polsek Bengkalis beserta rombongan.

Kapolsek yang dikenal ramah dan sering turun ke tengah warga masyarakat ini, langsung menyampaikan perlunya masyarakat ikut serta melestarikan hutan mangrove, selanjutnya Kapolsek berbincang-bincang menanyakan kesehatan serta kehidupan sehari-hari warga setempat yang tinggal disekitar hutan mangŕove.

“Bersama kedatangan kami hari ini, juga membawa misi dan pesan untuk pemilu damai tahun depan, agar sama – sama kita ciptakan suasana kondusif dan sejuk, serta mengantisipasi gesekan – gesekan yang dapat menimbulkan konflik,” pesan AKP Faisal, S.H., yang disambut dengan senyuman tanda diterimanya pesan itu oleh pelestari mangrove setempat.

Syamsul Bahri dan Rio Fernandes sangat senang dikunjungi Kapolsek dan rombongan hingga ke bibir pantai hutan Mangrove yang mereka lestarikan dan dijaga, Keduanya menyambut antusias dengan akan memberitahukan kepada warga dan masyarakat serta sanak saudaranya untuk menjaga kestabilan politik saat masa Pemilu ini.

“Insya Allah, pesan Bapak Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, S.H akan kami laksanakan, dan akan kami beritahu juga kepada warga kususnya anggota kami tim pelestari Mangrove para nelayan, petani dan lainnya di desa ini,” jawab Syamsul Bahri.

Selanjutnya, Kapolsek dan jajaran menambahkan bahwa kedatangan tim ke tengah hutan Mangrove yang berbatasan dengan Selat Melaka antar Indonesia dan Malaysia ini, bahwa semua pihak termasuk masyarakat di pesisir diimbau untuk sama – sama menerapkan Cooling System jelang Pemilu Damai tahun 2024.

Kapolsek Bengkalis AKP Faisal, S.H yang merupakan pria kelahiran Desa Kampar tahun 1978 ini menyampaikan bahwa bulan Februari 2024, Bangsa Indonesia akan memeriahkan pesta demokrasi yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif baik tingkat DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, untuk itu diharapkan partipasai seluruh rakyat Indonesia agar sama – sama mensukseskannya.

Himbauan itu tak terkecuali bagi masyarakat yang berada di Desa Kelapapati Laut, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau untuk sama-sama menjaga keamanan, kenyamanan dan Harkamtibmas sehingga Pemilu Damai bisa tercapai dengan sebaik – baiknya.

SINKAP.info | Laporan: Jamil