Bupati Kasmarni Sambut Baik dan Apresiasi Pembekalan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa

Bengkalis119 Dilihat

BENGKALIS, SINKAP.info – Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan apresiasi atas diselenggarakannya pembekalan bagi Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa se-Kabupaten Bengkalis, Kamis 5/10, di ruang rapat Terubuk Marina Hotel Bengkalis.

Menurut Kasmarni kegiatan ini, sebagai langkah tepat, guna meningkatkan kompetensi serta kapasitas dan kapabilitas penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa, agar kedepannya, benar-benar mampu untuk menjalankan tugas, fungsi serta perannya dalam menggerakkan kelembagaan PKK di desanya masing-masing.

Lebih lanjut kata Bupati Ketua Tim Penggerak PKK Desa juga merupakan jantungnya kelembagaan pkk itu sendiri, artinya maju dan mundurnya kelembagaan PKK di desa, akan sangat tergantung kepada kinerja ketuanya. Apalagi Ketua Tim Penggerak PKK Desa memiliki peran strategis sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pelaksanaan 10 program PKK di tingkat desa, maupun program lainnya sebagaimana telah digariskan oleh PKK Nasional dan PKK Kabupaten Bengkalis.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa PKK desa memiliki peran untuk membantu pemerintah desa, dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang memiliki budaya, sejahtera, maju dan mandiri, serta harmonis dan memiliki peran dalam menumbuh kembangkan potensi serta peran perempuan yang ada di desa,”ujarnya.

Makanya penting bagi ibu-ibu penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa untuk menjalankan amanah ini dengan sungguh-sungguh dan serius serta memiliki visi, komitmen, proaktif, lebih kreatif dan inovatif dalam pemberdayaan keluarga di desanya. Karena PKK desa harus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam semua aspek, baik itu aspek moral, pendidikan, kesehatan hingga lingkungan.

Sambung orang nomor satu Kabupaten Bengkalis, mengingat keberadaan PKK desa merupakan salah satu unsur pendukung program kerja pemerintahan, untuk itu ada beberapa hal yang perlu tegaskan.

Pertama, bu-ibu penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa diminta, selain melaksanakan program PKK, juga harus bersinergi dengan pemerintah desa serta lembaga desa lainnya dalam melaksanakan serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kedua, diminta ibu-ibu terus menggali potensi sumber daya alam yang ada didesanya masing-masing, khususnya ekonomi kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat, agar bisa mempromosikan pada setiap event yang diadakan baik di tingkat provinsi maupun pusat.

Dan ketiga, diharapkan, kepada Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Desa, untuk terus memperkuat keberadaan posyandu dan dasawisma, mengingat posyandu dan dasawisama dapat menjadi ujung tombak akselerasi 10 program pokok pkk dengan program pemerintah hingga sampai ke sasaran rumah tangga.

“Kami juga minta ibu-ibu bisa memotivasi dasawisma yang ada, untuk mendukung program gerakan menanam tanaman pangan utama, atau membuat kebun pangan dasawisma. Sebagai salah satu solusi kita dalam penanganan inflasi,”pungkas Bupati Kasmarni.

Turut hadir pada pembukaan tersebut, Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Kepala Kemenag Bengkalis H. Khaidir, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Dan Pengawas serta Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kemudian dihadiri juga Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Ketua Adhityaksa Dharma Karini, Ketua DWP dan Ketua GOW Kabupaten Bengkalis.

SINKAP.info | Redaksi