Beranda DPRD

Komisi IV Mendorong Pembangunan Museum Tematik

117

PEKANBARU, SINKAP.info –  Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis, mendorong berdirinya Museum Zapin di Desa Meskom Kabupaten Bengkalis, Riau.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi IV Irmi Syakip Arsalan saat melaksanakan koordinasi program di bidang kebudayaan dan mensinergikan program kerja Disparbudpora bersama Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui Sharing APBD provinsi, Rabu (29/06) di Pekanbaru.

Irmi Syakip Arsalan yang sangat tertarik dengan keberadaan Museum Tematik tersebut menambahkan bahwa upaya itu merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh dalam Maestro Zapin.

“Dan dari sisi kunjungan, Desa Meskom ini bukan hanya kunjungan lokal saja tetapi juga sudah Mancanegara, dan sampai saat ini pelestarian kesenian Zapin ini masih dilakukan oleh masyarakat tempatan”, ungkapnya.

Dalam beberapa tahun APBD Kabupaten Bengkalis baru bisa mendorong pembangunan lapangan Zapin dan panggung untuk latihan Zapin.

Peluang dari APBN bisa dimanfaatkan untuk mendorong berdirinya Museum Zapin di Desa Meskom Kabupaten Bengkalis dan dikomunikasikan ke pihak desa untuk mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan.

“Saya minta Kadis dan Kabid Disparbudpora menangkap peluang ini dan merealisasikannya dengan bekerja sama dengan pihak desa,” tambah Irmi Syakip Arsalan.

Dalam kordinasi itu, tampak didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura.

Edi Sakura menyampaikan, bahwa koordinasi ini bisa menstimulus dan mensupport Kabupaten Bengkalis di bidang kebudayaan dan kesenian, khususnya dapat memberikan manfaat dan edukasi kepada masyarakat tentang budaya melayu dan peninggalan-peninggalan sejarah masa lampau.

“Ada beberapa program yang sudah rutin dilakukan tiap tahunnya baik itu fisik maupun event-event seperti mandi safar, pemilihan bujang dan dara, lampu colok festival Mandau dan beberapa makam bersejarah yang keberadaannya semakin bertambah,” papar Edi Sakura.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen didampingi Kepala UPT Museum dan Taman Budaya, Pamong Budaya Ahli Media Permuseuman, Pamong Budaya Cagar Budaya dan Sekretariat menyambut baik dan siap berkoordinasi bersama Komisi IV DPRD Bengkalis.

Kadis Kebudayaan Provinsi Riau menjelaskan Untuk Kabupaten Bengkalis sudah ada kegiatan-kegiatan cagar budaya dilakukan yaitu pencatatan rumah orang kaya negara beserta koleksinya di Bukit Batu dan untuk nilai budaya yaitu kesenian kompang.

“Kami sangat setuju dengan wacana pembangunan Museum Tematik yang di dorong Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis, apalagi kecendrungan di dunia saat ini memang ke arah Museum Tematik karena Museum Tematik ini retribusinya lebih jelas dan Riau merupakan Zapin Center, pusat pelestarian dan pengembangan Zapin dunia,” terangnya lagi.

Kabupaten dan provinsi bisa bersama-sama mempersiapkan langkah-langkah untuk mendorong berdirinya Museum Zapin ini seperti naskah-naskah akademik dan koleksi-koleksinya, apalagi Desa Meskom ini Sudah diakui sebagai Warisan Benda Tidak Bergerak (WBTB) oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

SINKAP.info | Rls
Facebook Comments