Beranda RIAU Bengkalis

Tingkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas, Disdik Bengkalis Diseminasi Modul MBS Program PINTAR

67

BENGKALIS, SINKA.info  – Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat komitmen untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan di Bengkalis, hal itu dibuktikan dengan dilaksanakannya diseminasi program PINTAR Tanoto Foundation, yakni pelatihan modul MBS dan Modul Pembelajaran Aktif.

Diseminasi dengan modul yang sama juga telah dilakukan pada tahun sebelumnya. Percepatan penyebaran praktik baik manajemen sekolah melalui program pelatihan TOT ini diikuti peserta dari Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, Hj. Kholjah, Kamis, 17/03 . Diseminasi MBS ini berlangsung selama empat hari, dikuti 42 kepala sekolah dan 2 pengawas dari 42 sekolah di dua kecamatan tersebut.

Sedangkan diseminasi pelatihan TOT Pembelajaran Aktif yang akan dilaksanakan tanggal 24/03 mendatang akan diikuti sebanyak 45 sekolah di Kecamatan Mandau dan 25 sekolah dari Kecamatan Bathin Solapan.

Dalam sambutannya, Kepala Disdik Hj. Kholijah mengajak peserta untuk mengikuti secara menyeluruh modul yang dilatihan dalam TOT tersebut. Karena peserta yang dilatih oleh Fasilitator Daerah Program Pintar Tanoto Foundation itu akan menjadi pelatih di gugus masing-masing.

“Program kedepan adalah melanjutkan diseminasi di gugus masing masing. Disdik Bengkalis tetap memberikan perhatian untuk program diseminasi,” ungkapnya.

Dalam mengoptimalkan diseminasi tersebut, Fasilitator MBS Program PINTAR Bengkalis menerjunkan tiga orang Fasilitator Daerah yaitu M. Syukur sebagai koordinator yang dibantu oleh Abu Yazid dan Iriayana. Ketiga fasilitator tersebut telah mendapat pelatihan dan pendampingan secara terus menerus dari Fasilitaor Nasional dan dari tim training MBS Tanoto Foundation sejak tahun 2018.

Fasilitator Daerah, Syukur menilai, partisipasi peserta dalam pelatihan TOT MBS ini cukup tinggi, bahkan sebagian dari peserta berharap agar sekolahnya bisa menjadi bagian dari mitra program PINTAR.

“Beberapa kepala sekolah yang ikut dalam pelatihan ini mengusulkan agar sekolahnya dapat menjadi bagian dari mitra program PINTAR Tanoto Foundation,” ujarnya.

Dalam TOT di Bengkalis tersebut topik diseminasi MBS untuk SD dan dan MI terdiri atas topik umum modul 3 meliputi Perbaikan Terus Menerus, Topik MBS Modul 1, Pembelajaran Aktif Modul 1, Program Budaya Baca Modul 1, Kepala Sekolah Yang Efektif Modul 2, dan Supervisi Akademik Modul 2.

Diseminasi TOT MBS yang berakhir hari Senin, 21 Maret 2022 disambut baik oleh peserta. Pengawas SD Eltrizal mengungkapkan, pelatihan yang melibatkan beberapa pengawas dan kepala sekolah selama empat hari telah menambah kapasitas dan kompetensi peserta.

“Semoga Program Pintar Tanoto Foundation tetap berlanjut untuk mengembangkan mutu pendidikan,” harapnya.

Sementara Kepala Sekolah yang diwakili Hadi, mengaku merasa beruntung bisa mendapatkan materi pelatihan yang akan membuat kepala sekolah bekerja lebih efektif.

“Kami bersyukur karena materi dalam pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam menambah wawasan kami sebagai peserta,” ungkapnya.

SINKAP.info | Redaksi
Facebook Comments