Beranda GLOBAL

Vietnam – Austria Bekerja Sama Menuju Ekonomi “Hijau”

82

Upacara merayakan Hari Nasional Vietnam telah secara resmi diselenggarakan di Wina, Austria sehubungan dengan komitmen Vietnam untuk mengejar pembangunan berkelanjutan. Pada acara tersebut, Circular Economy Model yang berkisah tentang pohon kopi telah menarik perhatian peserta internasional.

AUSTRIA, SINKAP.info – Pada tanggal 8 Oktober 2021, Kedutaan Besar Vietnam di Austria menyelenggarakan Hari Nasional Vietnam ke-76 di Wina bersama dengan partisipasi perwakilan dari Kementerian Urusan Eropa dan Internasional Austria, pemerintah local beserta para pemimpin organisasi internasional di Wina, teman-teman internasional dan orang Vietnam perantauan di Austria.

Pada Upacara tersebut, Kedutaan Besar Viet Nam bekerja sama dengan Minh Tien Group untuk memperkenalkan penerapan Circular Economy Model di Viet Nam, guna menginspirasi gagasan untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan, mencegah perubahan iklim, dan mengurangi sampah – terutama sampah plastik. Prinsip-prinsip ekonomi sirkular yang diterapkan oleh Minh Tien dianggap sebagai “terobosan” perkembangan industri kopi Vietnam yang akan meningkatkan sejumlah peluang untuk benar-benar menghargai nilai penuh dari sebuah pohon kopi.

Dalam sambutan pembukaannya, Duta Besar Nguyen Trung Kien menekankan bahwa: “Meskipun dampak dari pandemi COVID-19, Vietnam dan Austria mempertahankan dan memperkuat hubungan persahabatan mereka. Vietnam ingin menerima dukungan dari Austria, terutama dalam konteks dimana kedua negara menantikan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik mereka pada 2022.”

“Kementerian Urusan Eropa dan Internasional Austria akan terus bekerja sama dengan Vietnam menjelang peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara,” kata Duta Besar Enno Drofenik dari Kementerian Luar Negeri Austria.

“Viet Nam harus dianggap sebagai negara yang sukses dalam menerapkan teknologi nuklir untuk tujuan damai dan menanggapi isu-isu global di bidang pertanian, lingkungan atau kesehatan. Vietnam telah bekerja sama dengan IAEA dalam proyek-proyek pengendalian sampah plastik,” ujar Dr. Najat Mokhtar, Wakil Direktur Jenderal IAEA.

Dalam kerangka Upacara, Minh Tien Group dengan bangga mempersembahkan dan bertukar pandangan dengan para peserta internasional tentang Model Ekonomi Sirkularnya yang berasal dari pohon kopi Vietnam. Kisah seperti itu akan membawa sudut pandang yang berbeda dan segar tentang pertanian modern dan berkelanjutan di Vietnam.

Perwakilan Minh Tien Group mengatakan: “Bagi Minh Tien, Circular Economy Model adalah solusi terobosan. Di masa depan, kami bertujuan untuk menempatkan sumber daya kami ke dalam penelitian dan pengembangan menuju teknologi inovatif. Itu akan mendiversifikasi produk ramah lingkungan kami dengan nilai praktis ketika ditempatkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Vietnam dan Austria menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1972 dan kedua negara selalu menjalin kerja sama di berbagai bidang, terutama dalam perdagangan dan investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peningkatan kapasitas. Selain itu, mereka bekerja sama dan saling mendukung di forum dan organisasi internasional.

Vietnam adalah negara anggota organisasi internasional dan selalu aktif berkontribusi pada forum internasional di Wina. Pada bulan September 2021, negara-negara anggota IAEA setuju untuk memilih Vietnam sebagai Dewan Gubernur Badan, untuk masa jabatan 2021 – 2023. Seperti diberitakan, Vietnam pernah menjadi anggota Dewan selama beberapa periode dan menjadi Presiden badan ini dari tahun 2013 hingga 2014.

SINKAP.info | Editor: MF
Facebook Comments