Beranda RIAU Kepulauan Meranti

Pengabdian Mahasiswa KUKERTA UR Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kelurahan Selatpanjang Timur

204

MERANTI, SINKAP.info – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia masih berlanjut hingga saat ini dan berdampak di berbagai bidang sektor kehidupan. Dampak ini mendapat perhatian yang cukup dari Mahasiswa Universitas Riau yang menyelenggarakan Kukerta Balek Kampung karena memunculkan banyak problematika dalam pelaksanaan Kukerta.

Dalam rangka mencegah virus Covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau melakukan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Selatpanjang Timur pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2021. Penyemprotan dilakukan di beberapa titik, antara lain Kantor Lurah Selatpanjang Timur, Masjid Al-Mujahidin, Masjid Al-Kautsar, dan Masjid Darul Hikmah.

Disinfektan sendiri merupakan cairan yang digunakan untuk membasmi bakteri, virus dan jamur yang terdapat pada permukaan benda. Seperti diketahui, penyemprotan disinfektan di area rumah, tempat beribadah dan tempat-tempat umum merupakan salah satu langkah efektif dalam menekan penyebaran virus Covid-19.

Salah satu Mahasiswa Kukerta, Akhwal Fazri Zega selaku penanggung jawab dalam kegiatan penyemprotan mengatakan tujuan penyemprotan ini untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Kegiatan penyemprotan ini adalah inisiatif dari kelompok Kukerta Universitas Riau 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kelurahan Selatpanjang Timur,” kata Akhwal kepada media ini, Sabtun (21/08).

Penyemprotan dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta Unri 2021 bersama Bhabinkamtibmas setempat. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yang menyebar di Indonesia. Pada kegiatan ini, Mahasiswa Kukerta membuat cairan disinfektan sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan rumah, yaitu dengan menggunakan air, cairan pembersih lantai (wipol), dan kalsium hipoklorit (kaporit).

Sementara itu, Lurah Selatpanjang Timur Ardath mengapresiasi penyemprotan disinfektan tersebut. Sebab, menurutnya kegiatan ini guna mencegah Covid-19.

“Semoga adek-adek KKN dan masyarakat di Kelurahan Selatpanjang Timur terhindar dari Covid-19,” harap Ardath.

Ardath juga menghimbau agar masyarakat selalu menerapkan 5M seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Keseluruhan kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta Universitas Riau di Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021 dibawah bimbingan  Baskoro Wicaksono, S.IP, M.IP, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Facebook Comments