Beranda SUMATERA UTARA Pematangsiantar

Cabdisdik Kota Pematang Siantar Bahas PPDB Tahun 2021

288

PEMATANGSIANTAR, Sinkap.info – Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Siantar bersama kepala Sekolah SMA dan SMK Negeri gelar konferensi pers terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) TP. 2021/2022 di SMAN 4 Pematangsiantar jalan Pattimura kota Pematangsiantar, Senin (21/6).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Siantar-Simalungun James Andohar Siahaan S STP dalam konferensi persnya menyampaikan, bahwa  sesuai kebijakan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Prof Drs. Syaifuddin ada ketentuan terbaru menyangkut PPDB, untuk itu perlu kami sampaikan saat ini Dinas Pendidikan Provinsi Sumut sedang melakukan perawatan server atau maintenance.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata James Andohar, Kadisdik Prov Sumut  menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara, atas ketidak nyamanan atau adanya gangguan-gangguan dari pada website PPDB oline 2021. Sehingga pendaftaran calon peserta didik baru mungkin tidak maksimal dalam pendaftaran online.

James juga menjelaskan, Adapun jadwal untuk perbaikan atau maintenance server itu dilakukan sejak tanggal 18 Juni sampai tanggal 27 Juni 2021, setelah itu kita akan kembali melakukan PPDB dari jalur zonasi mulai tanggal 28 Juni sampai tanggal 2 Juli 2021.Kemudian pengumuman dari jalur zonasi akan diumumkan tanggal 3 sampai 4 Juli 2021.

“PPDB untuk calon siswa SMK mulai tanggal 3 Juli sampai 8 Juli 2021, dan pengumuman dilakukan tanggal 9 sampai 10 Juli 2021. Kepada calon peserta didik yang sudah lulus akan menunggu kelanjutan lagi untuk melakukan pendaftaran ulang, dan akan kami sampaikan melalui press rilis bagaimana kebijakan yang dilakukan dan dinyatakan lulus,” terang James.

Dikatakan Kepala Cabdisdik, khusus cabang Dinas Siantar yang meliputi wilayah kota Pematangsiantar dan kabupaten Simalungun calon peserta didik yang sudah berhasil mendaftar melalui jalur zonasi tidak perlu mendaftar ulang.

“Bagi Calon Peseta Didik Baru (CPDB) melalui jalur Zonasi kami menyediakan tempat sarana atau wadah untuk dibimbing sampai anak-anak kita bisa mendaftar dengan baik,” jelasnya.

James menjelaskan, apabila ada kendala bisa dikontak langsung ke Cabdis Siantar dengan nomor ponserl 082164303095 atas nama Tri Wandes Sinurat, 081260600066 atas nama Rudi Gunawan, 082294233336 atas nama D. Sihombing. No kontak person kami selalu aktif 24 jam untuk melayani bagi CPDB secara online.

Adapaun peserta didik baru yang lulus melalui jalur afirmasi, perpindahan orangtua/wali, dan prestasi untuk kota Siantar terdiri dari 6 SMAN, dari jalur Afirmasi sebanyak 276 orang, dari jalur perpindahan orangtua/wali sebanyak 51 orang dan jalur prestasi sebanyak 463 orang serta non akademik 16 orang jadi total peserta yang lulus sebanyak 893 orang.

Sedangkan di kabupaten Simalungun melaui jalur afirmasi sebanyak 506 orang, non akademik sebnyak 874 orang, perpindahan orangtua/wali sebanyak 16 orang dan prestasi akademik 4 orang, jadi total yang lulus sebanyak 1.400 orang dari 20 SMAN yang ada di kabupaten Simalungun.

Sementara ditempat yang sama, Kepala SMAN 4 Pematangsiantar Rudol B. Manurung MPd selaku ketua MKKS juga mengatakan tentang kesiapan sekolah untuk PPDB jalur zonasi untuk daftar ulang kita masih menunggu juknis supaya kita jangan merugikan Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang sudah diterima. Begitu Juga untuk jalur zonasi dari perpanjangan PPDB dari panitia PPDB Sumut berarti sudah betul-betul menyiapkan server dan aplikasi yang baru supaya bisa nantinya terlaksana dengan baik.

“Kami dari pihak sekolah apabila nanti ditunjuk untuk melakukan verifikasi data, kami sudah siap dengan catatan tetap selalu koordinasi dengan operator cabdis Siantar. Dalam hal ini kita sifatnya membantu tetapi untuk menetapkan tetap dari PPDB Sumut. Perlu kami sampaikan kepada masyarakat yang menentukan bukan sekolah tetapi sistem PPDB Sumut, yang bisa kita bantu adalah data CPDB”. Tutur Rudol F Manurung.

Rudol berharap semoga aplikasi yang baru ini lebih bagus dan tidak ada kendala bagi calon PPDB saat melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi online. Kita juga dari sekolah siap 24 jam membantu secara online, jadi akun CPDB itu dipercepat supaya tidak ada dirugikan.

Hal senada juga dikatakan Ketua MKKS Simalungun Saor B. Sihotang MSi bahwa dalam PPDB ini kita sifatnya hanya membantu, jadi di sekolah ada juga panitia untuk membantu bagaimana proses dalam pendaftaran itu berjalan dengan baik.

“kita dari sekolah siap membantu untuk melakukan PPDB jalur zonasi secara oline,” ujarnya.

Informasi dari Kacabdis Siantar juga menyampaikan kuota yang diterima calon peserta didk(CPD) Baru TP. 2021/2022  Negeri se-Siantar-Simalungun sebanyak 7308 orang untuk 26 SMAN, Sedangkan untuk SMK Negeri se-Siantar-Simalungun sebanyak 2448 orang untuk 9 SMKN.

SINKAP.info | Laporan: Ichsan H
Facebook Comments