Bupati dan Wabup Meranti Ikut Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri

MERANTI, Sinkap.infoBupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH dan H Asmar mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri yang dilaksanakan oleh Kementerian dalam Negeri mulai Senin (14/6/2021) sampai Jumat (18/6/2021). Pembekalan tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Adapun pembekalan ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Bupati Adil dan Wabup Asmar pula masuk dalam gelombang ke-2. Para kepala daerah yang ikut dalam gelombang ke-2 merupakan kepala daerah yang memenangkan pilkada 2020 dari nonpetahana.

Pembukaan pembekalan ini dilakukan oleh Mendagri Tito Karnavian. Sebelum pembukaan, Kepala BPSDM Kemendagri Dr Belly Isnaeni menjelaskan bahwa tantangan terkini pemerintahan daerah sangat kompleks terlebih dalam kondisi menghadapi pandemi Covid-19 serta dampaknya. “Diperlukan kepemimpinan daerah yang lincah, inovatif dan energik,” ungkapnya.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk benar-benar memperhatikan dan menyukseskan prioritas pembangunan yang dibuat oleh Presiden. Terlebih saat ini tantangan akibat pandemi Covid-19 yang belum pernah dialami pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

“Efek domino pandemi ini perlu diantisipasi dan dicarikan solusi terbaik. Seperti dampak ekonomi dimana pendapatan menurun. Kita perlu memberi ruang kepada investasi. Jadi saya minta kepala daerah agar evaluasi Perda-perda atau Perkada-perkada yang menghambat investasi,” tegasnya.

Mendagri juga minta kepala daerah untuk mengefisiensikan birokrasi. Jabatan-jabatan yang dianggap bisa difungsionalkan agar difungsionalkan. Selain itu juga ditekankan upaya mengatasi pandemi yang belum maksimal di daerah-daerah.

SINKAP.info | Rls