Beranda Riau Pesisir Kepulauan Meranti Tingkatkan Partisipasi Millenial, BPS Go to School Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Tingkatkan Partisipasi Millenial, BPS Go to School Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

407

MERANTI, Sinkap.infoBadan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Meranti terus gencar melakukan kegiatan sosialisasi tentang Sensus Penduduk tahun 2020 (SP 2020). Kali ini, pihak BPS merambah kepada siswa dan siswi setingkat SMK di Sekolah Kasih Materya dan SMA Negeri 2 Selatpanajang.

Pada kesempatan itu, Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Meranti Ari Setiadi Gunawan, B.St, SH diwakili Fred Jumawa, SE Koordiator Statistik kecamatan Tebingtinggi bersama beberapa staf BPS.

Koordinator Statistik kecamatan Tebing tinggi Fred Jumawa mengatakan, pihak sekolah SMK SKM sangat menyambut baik dengan adanya sosialisasi sensus penduduk 2020. Dikatakannya, para anak sekolah ini lebih melek dengan teknologi, sehingga sosialiassi sensus penduduk ini nantinya bisa disampaikan dengan cepat baik kepada orangtua maupun tetangga.

MENARIK DIBACA:  KNPI Meranti Bersama TNI Polri dan Satpol PP Giat Social Distancing Upaya Pencegahan Covid 19

“Ya salah satu agenda BPS Kepulauan Meranti adalah melakukan sosialisasi SP 2020 ini kepada anak-anak disekolah SMK/SMA terdekat Tebing tinggi dan Tebing tinggi Barat. Dengan harapan menjaring kaum milenial untuk berpartisipasi,” kata Fred kepada Sinkap.info, Sabtu (29/2) pagi.

Menurut Fred, Pengisian data semua anggota rumah tangga dapat dilakukan oleh salah satu anggota keluarga melalui gadget. Kita berharap gaya hidup yang tak lepas dari peran IT, mereka dapat menyebarkan informasi ini baik melalui media sosial seperti WA atau semacamnya, sehingga sensus penduduk ini bisa diketahui lebih cepat.

Lebih lanjut Fred Jumawa menjelaskan, Sensus Penduduk tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke-7. Pada sensus tahun 2020 menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah Sensus Penduduk Online.

MENARIK DIBACA:  Diresmikan, Destinasi Wisata Jembatan Saka Raja Desa Sesap Terbuka Untuk Umum

“Makanya sosialisasi ini merupakan kesempatan bagi penduduk Indonesia khususnya masyarakat Meranti untuk berpartisipasi dalam kegiatan SP 2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas,” harap Ketua Koordinator Statistik kecamatan Tebing tinggi itu.

“Oleh sebab itu, anak sekolah ini kan lebih cepat memahami sehingga informasinya bisa lebih akurat dan mudah diaplikasikan,” tambahnya.

Untuk diketahui, melalui laman https://sensus.bps.go.id/ Sensus Penduduk Online bisa dilakukan secara mandiri pada 15 Februari s.d 31 Maret 2020, sedangkan Sensus Penduduk wawancara mulai digiatkan pada bulan Juli 2020.

“Untuk itu, Mari kita sukseskan sensus penduduk di tahun 2020,” himbaunya.

SINKAP.info | Penulis: WN
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here