TEMBILAHAN, Sinkap.info – Harga kelapa di Inhil beberapa tahun lalu di wilayah Kabupaten Indragiri hilir sempat anjlok pada harga Rp. 900/kg sehingga membuat para petani kelapa menjerit. Namun, beberapa bulan terakhir harga kelapa di Inhil sudah mencapai kenaikan berkisar pada Rp. 1.200 s/d 1.800 perkilo.

Harga kelapa di Inhil pada awal tahun 2020 ini, PT. Kokonako Indonesia, salah satu perusahaan kelapa yg berada di wilayah Tembilahan hulu kabupaten Inhil di ketahui membeli kelapa Rp. 2.450/kg (1 butir kelapa ukuran sedang).

Saat dikonfirmasi awak media, Selasa (07/01/2020). Bahrun salah seorang karyawan bagian pembelian di perusahaan tersebut mengatakan harga kelapa disini Rp. 2.450/kg sudah lumayan dibandingkan beberapa waktu belakangan.

MENARIK DIBACA:  Pria 50 Tahun Ditemukan Membusuk di Dalam Rumahnya

“namun diluar sana kapal-kapal dari Malaysia dan Thailand membeli kelapa dari petani hingga Rp. 2.600/kg bahkan lebih sehingga banyak petani yg lebih memilih menjual kelapanya ke pihak perusahaan asing,” ungkap Bahrun.

Akibatnya, sambung Bahrun, perusahaan kekurangan bahan baku dan berdampak kepada perusahaan. Perusahaan harus memangkas waktu produksi bahkan tak jarang tidak ada produksi dalam beberapa hari.

Sebagian besar penduduk Inhil adalah petani kelapa, kenaikan harga kelapa di Inhil menurut petani dinilai masih belum maksimal sebab biaya hidup dari tahun ke tahun terus meningkat. Mereka berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib para petani kelapa.*

Penulis: MRk | Editor: MF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here