Pemkab Meranti Gelar Apel Kesiapsiagaan Darurat Banjir

Upaya Pencegahan dan Mitigasi Bencana Akibat Intensitas Curah Hujan Tinggi

Kepulauan Meranti1767 Dilihat

MERANTI, SINKAP.info – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Apel Kesiapsiagaan Darurat Bencana Banjir pada Senin, (08/01) di lapangan Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar menyebutkan apel dilakukan sebagai bentuk kesiapan dan langkah-langkah antisipasi bencana banjir mengingat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti akhir-akhir ini.

Disamping itu dia juga mengingatkan kepada seluruh unsur penyelenggara yang berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana agar tidak lengah dalam menghadapi segala kondisi yang ada dan terus memberikan informasi maupun pendampingan kepada masyarakat dan warga yang berada di kawasan-kawasan rawan bencana.

MENARIK DIBACA:  Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Asmar Ucapkan Terima Kasih untuk Polri

“Hendaknya pihak-pihak terkait dapat memberikan berbagai informasi kepada warga, khususnya masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana. Sehingga masyarakat akan memahami apa-apa yang harus dilakukan, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana,” sebut Plt Bupati.

“Kepada semua pihak tidak boleh lengah dengan kondisi ini, sekalipun berada pada kondisi aman, namun perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana yang sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana,” jelasnya.

Apel Kesiapsiagaan Darurat Bencana Banjir diikuti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan jajaran OPD Pemkab Kepulauan Meranti.

Juga dilakukan bersama jajaran Polres Kepulauan Meranti, Koramil 02 Tebing Tinggi, Pos AL Selatpanjang, serta Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

MENARIK DIBACA:  Pimpin Apel Pasca Idul Fitri, Plt Bupati Asmar Minta ASN Tingkatkan Kedisiplinan

Sementara itu usai pelaksananaan apel, agenda dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapsiagaan Bencana bersama Gubernur Riau, Kapolda Riau,  BPBD Provinsi Riau beserta jajaran Pemerintah Provinsi Riau secara virtual

Rakor yang diikuti seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Riau tersebut turut membahas langkah antisipasi dan penanggulangan bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah di Riau.

Turut hadir Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setiawan, Komandan Koramil 02 Tebing Tinggi, Komandan Pos AL Selatpanjang Kapten Amrizal, Sekda Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto, Asisten Pemerintahan, Staf Ahli Bupati, serta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

SINKAP.info | Laporan: Satria K

Komentar