Resmikan Lapangan Tembak Bhara Daksa Polres Meranti, Kapolda Riau : Gunakan dengan Maksimal

SELATPANJANG, SINKAP.info – Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIk MH, Kamis (15/6) pagi, meresmikan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti, di jalan Lintas Gogok Darusalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Nama lapangan tembak tersebut diambil dari nama Bhara Daksa (Bhayangkara dan Daksa) yang merupakan angkatan Akpol 1991 dan menjadi angkatan istimewa.

Salah satu lulusannya kini berpangkat Kapolri yakni Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga bagian dari bataliyon Bhara Daksa yang menjabat sebagai ketua alumni Akpol 1991.

Ikut hadir dalam peresmian itu, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Nindya M Iqbal, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah SH SIk, Dansat Brimob Kombes Pol Ronny Lumban Gaol SIk, Kabid Humas Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya SIk MH, Dirpolairud Polda Riau Kombes Pol Wahyu Prihatmaka SIk, Ps Koorspripim Kompol Harry Avianto SH SIk MH, Plt Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar, Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Meranti Ipha Andi Yul, Wakil Ketua DPRD H Khalid Ali SE, Kajari Febriyan M SH MH, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal Selatpanjang Kapten Laut Amrizal, Lapas Selatpanjang Joko, Kasi Intel Imigrasi Bambang Irawan, Sekda Bambang Suprianto, Kepala Dinas PUPR Rahmat Kurnia, Ketua Pengadilan Agama Khoirul Huda, MUI ustad Asep Darutahkiq, KPUD Katmuji SHi, para Pju Polres Kepulauan Meranti dan pengurus Bhayangkari Cabang, insan pers, toga, tida, dan tomas.

Sebelum melakukan peresmian lapangan tembak, Kapolda bersama istrinya Nindya dan sejumlah pejabat Polda Riau melakukan penanaman pohon Ketapang Kencana Varigata dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa ini tidak terlepas dari peranan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul yang dianggap mampu melakukan komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam membuat beberapa terobosan pembangunan fasilitas di Makopolres.

Dalam sambutannya, Andi Yul mengatakan bahwa lapangan tembak ini bisa digunakan anggota Polri untuk berlatih. Sehingga keterampilan anggota Polri dalam menembak menjadi lebih bagus.

“Kami terus berbenah melakukan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang semakin Kompleks seiring dengan perkembangan zaman sehingga membutuhkan sarana dan prasarana pendukung untuk dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme anggota Polres Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Menurut dia, di seluruh Polres lingkungan Polda Riau, rata-rata sudah memiliki lapangan tembak. Sedangkan untuk Polres Kepulauan Meranti baru saja terbangun.

“Dalam pelaksanaan tugas, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan yang kami asah dan itu merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh personil Polres Kepulauan Meranti. Sebelumnya kami belum dapat melakukan latihan menembak seperti dengan polres lain karena memang belum memiliki lapangan tembak, sehingga untuk latihan kami harus pergi Polda Riau,” tuturnya.

MENARIK DIBACA:  Plt. Bupati H. Asmar Minta Bekas Karhutla Dicek Kembali

Dikatakan, bagi Polri, lapangan tembak sangat penting dan strategis. Kemampuan anggota Polri yang diperoleh saat di pendidikan, kalau tidak dilatih akan hilang. Sementara Polri terus menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. Terutama menghadapi gangguan keamanan.

“Kita mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Kepulauan Meranti sehingga lapangan tembak Bhara Daksa ini terbentuk. Dengan tuntutan tugas kedepannya yang semakin hari menjadi profesional, kami akan selalu merindukan untuk terus melakukan latihan menembak. Secara khusus juga saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan nanti dalam hal ini Dinas PUPR yang telah menyelesaikan pembangunan lapangan tembak ini,” ungkapnya.

“Menjiwai nama lapangan tembak yang diberi nama Bhara Daksa, diharapkan tugas rutin kami yang selalu bersinergi dengan pemerintah daerah maupun kepala instansi vertikal ataupun tokoh agama dan tokoh masyarakat terbentuk dan terbina modal dasar untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan simbol dan makna together we are strong,” ungkapnya lagi.

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar dalam sambutannya mengatakan pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa di Mapolres Kepulauan Meranti sebagai bentuk dukungan kepada institusi Polri.

Dukungan pembangunan itu, sebutnya, untuk memperkuat hubungan dengan institusi keamanan dan penegak hukum. Dimana pembangunan kesejahteraan di suatu daerah tidak terlepas dari stabilitas keamanan, sehingga stabilitas keamanan jadi pondasi.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengucapkan selamat atas diresmikan lapangan tembak, ini merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan kita semua khususnya para personel Polri dalam menjaga keamanan di daerah kita. Untuk itu lapangan tembak ini diharapkan dapat digunakan secara maksimal oleh personil untuk berlatih dengan berbagai latihan dasar menembak guna menambah modal awal sebagai seorang Polri, sehingga langkah ini bisa menguatkan kapasitas dalam menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Asmar juga mengucapkan terimakasih terhadap pihak yang telah berpartisipasi dalam proses pembangunan lapangan tembak ini. Kedepannya diharapkan bisa mempermudah para personil kepolisian untuk melakukan latihan.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam proses pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti ini sehingga dapat selesai pada waktunya, harapan kita bersama semoga lapangan tembak ini bermanfaat bagi kita semua sebagai salah satu sarana unggulan para personel menuju pelayanan keamanan yang lebih prima,” tuturnya.

MENARIK DIBACA:  Kapolres Andi Yul Lakukan Tes Urine Nahkoda Kapal

“Saya berpesan dengan diresmikan Lapangan Tembak Bhara Daksa hari ini diharapkan dapat mempermudahkan para personil untuk melaksanakan latihan menembak sehingga sigap dalam tindakan dalam menggunakan senjata di berbagai situasi sehingga tidak ada lagi salah tembak maupun salah sasaran,” pungkasnya.

Saat ini lapangan tembak berukuran 30×64 meter yang dibangun menggunakan APBD perubahan 2022 lalu. Lapangan ini digadang-gadangkan menjadi yang terbesar dari seluruh Mapolres di Provinsi Riau.

Plt Kepala Dinas PUPR Kepulauan Meranti Rahmat Kurnia menyebutkan spesifikasi pembangunan lapangan tembak meliputi pagar pembatas lapangan tembak setinggi 2.5 meter pada bagian samping dan bagian depan, dan pagar setinggi 3.5 meter pada bagian belakang.

Selain itu, lapangan tembak ini juga dibangun lengkap dengan tribun penonton berukuran 6 x 25 meter dan juga WC beserta gudang. Pada bagian sasaran tembak dibuat dengan gundukan tanah dan tumpukan ban mobil yang berjumlah 2.600.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam sambutannya memuji kepiawaian Kapolres AKBP Andi Yul dengan segala keterbatasan bisa mempersembahkan berbagai inovasi termasuk pembangunan lapangan tembak oleh Pemkab Kepulauan Meranti.

“Menyinggung tentang Kapolres Kepulauan Meranti, ditengah keterbatasan ditengah jauhnya hiruk-pikuk kota, jangankan ke Jakarta ke Pekanbaru saja jauh. Tapi dengan segala potensi yang ada dan dengan segala perjuangan dan semangat yang ada pada diri Kapolres, dia dapat mempersembahkan sebuah legasi yang baik, legasi yang sangat luar biasa bukan hanya lapangan tembak ini, tapi saya dengar banyak sekali ada lapangan tembak, pos penjagaan dan lain sebagainya. Kali ini saya dengan jujur mengatakan Kapolres Meranti is the best,” ungkap Kapolda Riau.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu juga berpesan kepada para personil kepolisian di Polres Kepulauan Meranti agar tetap senantiasa menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.

“Pada intinya, saya pesan kepada Kapolres dan teman-teman di Kepulauan Meranti bahwa yang terpenting itu adalah tembakan semangatnya untuk melindung dan mengayomi serta melayani masyarakat. Dan harus diingat, barang siapa yang menyalahgunakan tembakan akan berhadapan dengan kode etik profesi bahkan hukum pidana. Sekali lagi saya pesankan tidak ada lagi yang menunjukkan arogansi kepada masyarakat karena dia sudah terlatih dengan baik di lapangan tembak ini,” pungkasnya.

SINKAP.info | Rls