Beranda RIAU Bengkalis

Syahrial : Mari Kita Bangun dan Lestarikan Budaya Mandi Safar

43

RUPAT UTARA, SINKAP.info – Mandi Safar merupakan tradisi turun menurun masyarakat pesisir yang dilaksanakan setiap Rabu terakhir di Bulan Safar atau jatuh pada tanggal 21/09.

Acara mandi Safar yang dihadiri oleh wakil ketua I DPRD Syahrial, ST.,M.Si yang dilaksanakan di Kecamatan Rupat Utara tepat nya di Pantai Tanjung Lapin Desa Tanjung Punak ini dibuka oleh Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati H. Bagus Santoso, Kadisbudparpora Edi Sakura, dan tamu undangan yang hadir.

Pada kesempatan tersebut Syahrial mengatakan, mandi Safar merupakan warisan budaya bukan benda. Mandi Safar merupakan khazanah kekayaan khas daerah yang harus dilestarikan.

“Festival mandi Safar ini tentunya kegiatan yang sudah berlangsung sekian lama dan dilakukan setiap tahunnya. DPRD Kabupaten Bengkalis selalu Support untuk kegiatan ini,”jelas Legislator Golkar asal rupat Dapil Enam ini.

Lanjut Syahrial, mandi Safar merupakan tradisi masyarakat melayu yang harus dipertahankan dan dilestarikan, apa lagi berbatasan dengan Negara Malaysia. Kita mau kedepannya kegiatan-kegiatan event perlu ditingkatkan seperti lomba permainan tradisional, termasuk permainan Jung, layang-layang, gasing, dan masih banyak lagi permainan rakyat yang bisa dijadikan event. Karena permainan tersebut bisa menarik komunitas-komunitas lain untuk bergabung, begitupun wisatawan yang ingin menyaksikan.

“Komunitas-komunitas yang bisa men-Support daerah kita melalui Event permainan daerah akan kita fasilitasi, harapan kita mereka nantinya dapat mempromosikan objek wisata yang ada di Pulau Rupat ,” tutup Syahrial.

Hadir dalam acara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, Datuk Norizam Pemilik PSPS Riau dari Johor, Malaysia, Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko, Dandim 0303 Bengkalis Inf Endik Yunia, Ketua TP-PKK Bengkalis Hj. Siti Aisyah, dan Camat Rupat Utara Afrizal.

SINKAP.info | Rls

Facebook Comments