Wali Kota Dumai Yakin Mall Pelayanan Publik Segera Terwujud

Dumai53 Dilihat

DUMAI, SINKAP.info – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait berkunjung ke Kantor Wali Kota Pekanbaru, Jalan Abdul Rahman Hamid, Kecamatan Tenayan Raya (24/03).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Dumai dan Pemerintah Kota Pekanbaru hal ini ditandatangani langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT bersama Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara DPMPTSP Kota Dumai bersama DPMPTSP Pekanbaru Tentang Kerja Sama Pembangunan dan Pengembangan Daerah

Penandatanganan MoU dan PKS ini dilakukan guna percepatan pembangunan daerah, salah satunya dalam hal kerjasama penyelenggaraan kegiatan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu dengan ruang lingkup kerjasama yaitu penanaman modal, pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu dan penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP).

H. Paisal dalam sambutannya mengakui bahwa Mall Pelayanan Publik Pekanbaru adalah percontohan nasional, bahkan beberapa daerah yang saat ini telah memiliki MPP, mengacu kepada Kota Pekanbaru.

“Karena itulah kerjasama pembangunan dan pengembangan daerah melalui penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik di Kota Dumai kita wujudkan dalam penandatanganan MoU dan PKS,” ucapnya.

Tambahnya, dengan kerjasama ini H. Paisal berharap dan yakin pembangunan MPP di Kota Dumai dapat segera diterwujud tentunya merujuk MPP Kota Pekanbaru yang merupakan contoh pelayanan publik yang ada di Indonesia.

“Mal Pelayanan Publik dibuat untuk mengintegrasikan, mempercepat dan mempermudah pelayanan, meningkatkan jangkauan terhadap masyarakat dalam satu tempat. Jadi bukan cuma sekadar penyederhanaan birokrasi, namun juga untuk percepatan pelayanan,” katanya.

Disisi lain, Wali Kota Pekanbaru, H. Firdaus mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari penandatanganan ini yaitu sebagai pedoman dalam melaksanakan alih pengetahuan dan pengetahuan antar pemerintah daerah dalam menciptakan sinergitas penyelengggaraan pembangunan, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap melalui penandatanganan kesepakatan kerjasama ini, terjalin semangat saling berbagi dan komitmen antara Pemko Dumai dengan Pemko Pekanbaru dapat berjalan lancar demi pembangunan Kota yang kita cintai ini sesuai dengan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan ekspos profil Kota Pekanbaru oleh Wali Kota Pekanbaru disaksikan oleh Wali Kota Dumai dan seluruh hadirin.

Sebagai bentuk terjalinnya kerjasama yang baik antar kedua daerah, pada kesempatan ini kedua kepala daerah ini saling bertukar pelakat.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Asisten di Lingkungan Pemko Dumai dan Pekanbaru, Kepala Badan, Kepala Dinas dan Kepala Bagian baik di Lingkungan Pemko Dumai dan Pekanbaru.

SINKAP.info | Redaksi