Beranda SUMATERA UTARA Pematangsiantar

Pulihkan Ekonomi UMKM, Pemko Siantar Sosialisasi Program KUR

185

PEMATANGSIANTAR, Sinkap.info – Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah pembiayaan yang diberikan oleh Pemerintah melalui Perbankan kepada UKM yang memiliki kelayakan, potensi dan prospek bisnis yang baik serta mempunyai kemampuan untuk mengembalikan pinjaman.

Demikian disampaikan Wali kota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE.MM mengawali Sosialisasi Program KUR untuk Memulihkan Ekonomi UMKM bertempat di ruang serbaguna Bappeda Kota Pematangsiantar, selasa (15/06).

Hefriansyah menuturkan, Penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang dilakukan Pemerintah dinilai berpotensi mendorong Pertumbunhan Sektor Usaha Mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ditengah lambatnya pertumbuhan ekonomi yang terjadi belakangan ini.

Dikatakannya, Program ini diperuntukan untuk membantu pembiayaan yang dibutuhkan oleh UKM dalam mengembangkan kegiatan usahanya. Sedangkan manfaat KUR bagi Pemerintah adalah tercapainya percepatan pengembangan sektor Riil dan Pemberdayaan UKM dalam rangka Penanggulangan / Pengentasan Kemiskinan dan Perluasan kesempatan kerja serta 13 Pertumbuhan Ekonomi.

“Program KUR diperuntukan untuk masyarakat yang ingin berwirausaha dari Usaha Kecil dan Menengah,” ujarnya.

Dengan sosialisasi ini diharapkan Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah kepada Lembaga Keuangan dengan Pola Penjaminan. Khusus kepada Lembaga yang terkait dengan KUR seperti Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Bagian Sumatera Bagian Utara, Perbankan dan Lembaga lainnya kiranya dapat bersinergi dan meningkatkan kerjasama yang baik

Ditempat yang sama, Kabag Perekonomian dan SDA Hendra TP. Simamora S.STP mengatakan, adapun maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah Agar Informasi sektor ekonomi yang potensial dibiayai melalui KUR dapat sampai kepada masyarakat.

“Khususnya para pelaku usaha mikro serta Lembaga Perkreditan/Perbankan. Agar para pelaku usaha mikro, petani maupun peternak dapat mengembangkan usahanya melalui manfaat KUR,” harapnya.

Tampak Hadir dalam acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Zainal Siahaan SE MM,Narasumber Nurhafid dari otoritas jasa keuangan regional 5 sumatra bagian utara,Fernando Sianipar dari PT Bank Sumut n koordinator pematangsiantar, Pimpinan OPD terkait, Pimpinan Perbankan serta Pelaku Usaha Mikro kota pematangsiantar.

©SINKAP.info | Laporan: Hamdan N
Facebook Comments